Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Jul 2017 17:35 WIB

TRAVEL-TIPS

Kamu Harus Tahu, 6 Tips Traveling ke Perbatasan Indonesia-Malaysia

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: PLBN Entikong (Rachman Haryanto/detikTravel)
Foto: PLBN Entikong (Rachman Haryanto/detikTravel)
Sanggau - Kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia di Entikong dan sekitarnya menarik buat dijelajahi. Sebelum ke sana, simak dulu tips berikut ini.

Entikong berada di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Wilayah Entikong berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia. Nah, Entikong dan sekitarnya menawarkan pengalaman traveling yang berbeda.

Saat traveling ke sana, kamu bisa melihat dan merasakan langsung seperti apa sih wilayah perbatasan. Mulai dari mendatangi berbagai objek wisata, main ke pasar di mana traveler bisa belanja pakai dua mata uang, hingga menyeberang ke Tebedu yang sudah masuk wilayah Malaysia.

Sebelum mulai jalan-jalan ke sana, ada sejumlah hal yang perlu kamu tahu. Disusun detikTravel, Rabu (26/7/2017), berikut 6 tips traveling ke Entikong:

1. Penerbangan

Untuk ke Entikong, kamu bisa naik pesawat ke Bandara Supadio Pontianak terlebih dahulu. Ada banyak pilihan penerbangan ke sana, seperti Lion Air, Citilink, Batik Air hingga Garuda Indonesia.

Setelah itu, silakan lanjutkan perjalanan naik bus atau menyewa mobil menuju Entikong, dengan jarak tempuh sekitar 250 km. Selama perjalanan kamu akan melewati kawasan Kabupaten Sanggau dan bisa sembari mampir ke berbagai destinasi wisata yang ada.

Pilihan lainnya, kamu dapat terbang ke Kuching di Malaysia lalu berkendara di jalan darat menuju Entikong. Jarak tempuh daratnya lebih dekat, kurang lebih 125 km. Sehingga dalam waktu sekitar 2 jam kamu bisa tiba di Entikong.

2. Transportasi

Di Entikong ada angkutan umum seperti bus dan angkot, yang akan mengantar ke wilayah sekitar Entikong. Kecamatan Entikong memiliki jalan utama yang sudah bagus, dengan pertokoan, pasar hingga hotel di kanan kirinya.

Tapi kalau mau lebih santai, sebaiknya kamu menyewa mobil. Untuk sewa mobil ini bisa sekaligus dari Pontianak, mengantar ke Entikong dan dipakai berkeliling di sana. Untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata Entikong dan sekitarnya pun bisa lebih mudah juga menghemat waktu. Tak perlu menanti-nanti angkot lewat dulu baru bisa berangkat.

3. Penginapan

Ada sejumlah penginapan di dekat jalan utama Entikong, seperti Hotel Bintang Kiki. Tapi jika kamu kehabisan penginapan di sana, jangan khawatir. Balai Karangan di Kecamatan Sekayam yang bersebelahan dengan Entikong punya penginapan mumpuni. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah Hotel Balai Indah. Dari Balai Indah ke perbatasan di Entikong perjalanannya sekitar setengah jam.

4. Belanja pakai 2 mata uang

Pengalaman unik belanja pakai dua mata uang bisa traveler rasakan di Entikong. Kedua mata uang tersebut adalah Ringgit dan Rupiah.

Baik belanja di Pasar Roan Jaya Entikong, maupun toko-toko kebutuhan sehari-hari lainnya, pedagang menerima transaksi dengan dua mata tersebut. Bahkan ada pula yang menerima pembelanjaan dengan dolar Brunei.

5. Melintas ke Malaysia

Sudah tiba di ujung utara Indonesia, traveler bisa merasakan langsung menyeberang ke Malaysia via jalur darat. Untuk itu kamu harus melewati Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong yang kini sudah lebih cantik dan megah.

Sebelum melewati imigrasi di sana, biasanya traveler asyik berfoto dulu di Monumen Garuda yang megah. Monumen ini ada dua, sisi depan dan belakang. Yang di sisi depan pun tampak lebih fotogenik dengan taman yang cantik.

Lanjut ke urusan penyeberangan, langkah-langkahnya tak sulit. Yang penting jangan lupa bawa paspor atau Pas Lintas Batas (PLB) untuk ditunjukkan di imigrasi.

Kalau mau jalan-jalan hingga Tebedu dan Serian saja, memang masih bisa tanpa paspor. Namun agar lebih aman, sebaiknya selalu bawa paspormu kalau mau wisata hingga wilayah Malaysia, terlebih kalau mau ke Kuching.

6. Komunikasi

Di wilayah perbatasan traveler tetap bisa eksis di media sosial lho. Tak perlu takut mati gaya karena ada sinyal kuat dari provider Telkomsel, dengan jaringan 4G di sekitar PLBN Entikong. Bahkan tim Tapal Batas detikcom bisa Live IG ketika di sana.

Selama perjalanan dari di Kabupaten Sanggau, dari Kecamatan Kapuas hingga Entikong sendiri sinyal Telkomsel pun tetap terdeteksi. Tak semua area 4G, tapi kita tetap bisa lancar berkomunikasi. Asyik!

BTS Telkomsel di Entikong (Rachman Haryanto/detikTravel)BTS Telkomsel di Entikong (Rachman Haryanto/detikTravel)
Nah, kalau mau tahu perjalanan dari Jakarta ke wilayah perbatasan, yuk tonton video berikut ini:


(krn/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED