Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Okt 2017 16:50 WIB

TRAVEL-TIPS

7 Tips Menghadiri Pernikahan Adat

Shinta Angriyana
Redaksi Travel
Ilustrasi pernikahan (Dok. Fearless Photographers)
Ilustrasi pernikahan (Dok. Fearless Photographers)
Jakarta - Saat traveling dan berinteraksi dengan warga lokal, alangkah beruntungnya kalau sampai diundang ke pernikahan suku setempat. Nah, kalau begini harus tahu tipsnya nih!

Menikah menjadi ajang sakral seluruh suka bangsa di dunia. Tradisi dan kegiatannya pun beragam. Traveler sebagai tamu pun sudah diwajibkan untuk menghormati dan menghargai upacara atau ritual yang dilakukan adat tersebut.

Kali ini, detikTravel pada Kamis (19/10/2017) telah merangkum 7 tipsnya. Berikut selengkapnya:

1. Usahakan untuk menghadiri undangan

Sebuah undangan yang diberikan merupakan ungkapan harapan dari mempelai agar hadir ke acara pernikahan. Sebisa mungkin, hindarilah menolak jika memang tidak terlalu kepepet.

Mungkin ada agenda traveling yang harus terpaksa dibatalkan, ya tidak apa-apa. Traveler pun mungkin bisa mendapat pelajaran baru dan pengetahuan lebih seputar adat yang dilakukan mempelai lho.

2. Cari informasi sebeluh menghadiri acara

Ada baiknya, saat menghadiri cari tahu dulu seputar adat yang dilakukan. Meskipun terdengar aneh, ini cukup penting ketika ingin berkunjung ke acara dengan adat yang kental.

Traveler juga dapat menghindari hal-hal yang tidak diperbolehkan. Misalnya pakaian, atau aturan khusus yang harus disiapkan dari rumah.

3. Pakai baju yang sopan dan pantas

Menghadiri acara orang lain sudah sebaiknya untuk menghormati segala rangkaiannya. Termasuk dalam berpakaian ketika datang ke acara pernikahan. Apalagi kalau undangannya mendadak, pilihan baju cuma apa yang ada di koper atau ransel saja, bukan?

Yang penting sopan dan pantas. Tidak ada salahnya untuk terlihat stylish dan fashionable, tapi sesuaikanlah dengan acara yang akan berlangsung. Jangan sampai salah kostum atau bahkan dikomentari orang dan dianggap tidak menghormati.

4. Jaga sikap dan patuhi aturan adat

Sudah wajib hukumnya, dimanapun kita berada harus menjaga sikap. Jangan sampai, perlakuan kita ada yang menganggu jalannya ritual atau upacara adat.

Misalnya saja mengobrol, ngemil, menelepon atau hal lainnya. Begitu pun ketika ingin mengambil gambar tradisi pernikahan yang unik, baiknya tanyakan dulu sebelum memotret.

5. Tanyakan soal aturan makan

Biasanya, di setiap acara pernikahan sudah umum diberikan hidangan untuk para tamu. Tetapi, ada beberapa adat yang berbeda untuk hal yang satu ini. Apakah boleh ambil duluan, atau mesti bersama yang lain atau menunggu ditawari.

Baiknya, traveler tanyakan dulu soal menyantap hidangan yang disuguhkan. Jangan malu bertanya, daripada menjadi omongan nantinya.

6. Nikmati suasana dengan maksimal

Selama acara berlangsung, nikmatilah setiap prosesnya. Jangan banyak melakukan hal yang tidak perlu. Upacara adat dapat menjadi pengetahuan tambahan yang siapa tahu berguna nantinya. Selamat menghadiri upacara pernikahan adat! (fay/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Ketika 'Aquaman' Liburan

Rabu, 22 Nov 2017 22:55 WIB

Nama Jason Momoa naik daun setelah menjadi karakter Aquman di film Justice League. Di balik tampang sangarnya, aktor kelahiran Hawaii ini juga suka liburan.