Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Feb 2018 17:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Kesalahan yang Mesti Dihindari Saat Pesan Tiket Pesawat Online

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta - Memesan tiket pesawat secara online, sudah umum dilakukan traveler. Namun ada beberapa kesalahan yang harus dihindari. Apa saja?

Tidak semua penerbangan memiliki fasilitas lengkap, begitupun ketentuan-ketentuan yang berbeda di setiap maskapai. Kesalahan-kesalahan tersebut, bisa saja berdampak pada perjalanan selanjutnya, bahkan menyulitkan.

Dilihat detikTravel dari media Insider, Kamis (15/2/2018) berikut beberapa kesalahan yang mesti dihindari saat memesan tiket pesawat online:

1. Menggampangkan asuransi perjalanan

Pilihan menambah asuransi perjalanan biasanya sering diabaikan oleh para traveler. Padahal, ada beberapa aspek yang bisa membantu di kala kesulitan.

Memang, jika traveling lancar, rasanya seperti 'menyumbang' kepada perusahaan asuransi. Namun, sebenarnya asuransi perjalanan bisa membantu dikala kecelakaan, perubahan tempat, atau saat delay. Biasanya, akan ada kompensasi dengan syarat-syarat tertentu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Membeli tiket terlalu cepat atau terlalu lama

Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Tetapi, tidak baik juga untuk memesan tiket pesawat di waktu yang sangat mepet, kecuali dalam keadaan darurat.

Sesuaikanlah destinasi dengan rentang waktu sebelum keberangkatan. Untuk penerbangan domestik, setidaknya pesanlah 45 hari sebelum berangkat. Jika penerbangan internasional, traveler harus selalu memantau harga karena sewaktu-waktu bisa berubah. Biasanya, ada beberapa aplikasi yang menawarkan 'price alert' atau notifikasi harga sesuai bujet.

3. Tidak bawa perlengkapan saat terbang bersama bayi

Terbang bersama bayi atau balita, akan lebih membutuhkan persiapan yang lebih detail. Seringkali, orangtua lupa soal hal ini.

Saat memesan tiket pesawat, pastikan memilih opsi 'infant' agar pihak maskapai mengetahui kamu membawa bayi. Selain itu, pastikan bawa makanan, susu dan beberapa keperluan lain dalam tas bawaan di kabin. Jangan sampai tertinggal dan sudah masuk di dalam bagasi.

4. Hanya melihat satu maskapai

Untuk mendapatkan harga terbaik, cobalah melihat ke maskapai lain atau situs lain sebelum memesan. Biasanya, maskapai-maskapai tertentu punya promo menarik di beberapa waktu. Traveler bisa memantau di situs resmi maskapai atau situs reservasi penerbangan untuk mendapatkan harga terbaik.

5. Memasukkan nama kota tanpa mengetahui nama dan letak bandara

Tidak semua kota di dunia memiliki bandara yang namanya sama seperti nama kota tersebut. Ada beberapa kota besar yang punya bandara di daerah pinggir kota.

Misalnya di Jakarta, bandara besarnya berada di Cengkareng, Banten. Di Los Angeles, nama bandaranya pun sama seperti nama kotanya. Ini harus diperhatikan traveler karena bisa mempengaruhi jarak tempuh dan harga tiket.

Ada juga beberapa destinasi yang punya 2 bandara di 1 kota. Tokyo punya Bandara Narita di luar kota dan Bandara Haneda yang lebih dekat ke pusat kota. Baiknya, cek dulu tempat dan bandara tujuan sebelum memesan tiket. (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED