Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Mei 2018 18:40 WIB

TRAVEL-TIPS

Tata Tertib Nonton Lampion Waisak, Nomor 5 Penting Banget

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Pelepasan lampion Waisak di Candi Borobudur 2017 (Kurnia/detikTravel)
Foto: Pelepasan lampion Waisak di Candi Borobudur 2017 (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Pelepasan lampion menjadi acara yang ditunggu wisatawan dalam perayaan Waisak di Borobudur. Begini tata tertib menyaksikan pelepasan lampion.

Puncak perayaan Waisak 2562 BE/2018 akan berlangsung Selasa besok (29/5) di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelepasan lampion di Borobudur juga akan digelar meriah.

Buat traveler yang ingin ikut serta dalam kemeriahan pelepasan lampion, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dikutip detikTravel dari situs resmi Walubi, Senin (28/5/2018), berikut sejumlah tata tertib yang ada:

1. Ketertiban pelepasan lampion

Prosesi pelepasan lampion akan berlangsung di Lapangan Gunadharma komplek Candi Borobudur pukul 23.00 WIB. Bagi yang ingin ikut menerbangkan lampion, dipersilakan membayar donasi Rp 100.000, yang bisa dibayarkan di Sekretariat Panitia Waisak 2562 BE/2018 di Candi Mendut. Lampion nantinya bisa diperoleh di spot pelepasan lampion di Lapangan Gunadharma

2. Kenakan pakaian sopan

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat ibadah umat Buddha. Hormatilah mereka dengan mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Traveler diharap tidak mengenakan tank top, pakaian ketat serta celana pendek dan ketat.

BACA JUGA: Foto: Mualaf Cantik Ayana dan Candi Borobudur

3. Bawa barang bawaan secukupnya

Wisatawan sebaiknya membawa barang bawaan seperlunya saja, jangan berlebihan. Disarankan untuk tidak membawa tas ransel. Dengan lokasi acara yang biasanya bakalan ramai, lindungilah barang bawaan sendiri agar tidak terjatuh maupun hilang.

4. Jaga kebersihan

Masalah sampah yang menumpuk tak jarang muncul setelah perayaan besar. Supaya kawasan Borobudur tetap bersih, buanglah sampah pada tempatnya. Jika belum menemukan kotak sampah, sebaiknya bawalah kantong plastik untuk menaruh sampah agar tak berserakan.

5. Tak boleh sembarangan menerbangkan drone

Terkadang drone menjadi bagian yang tak terlepaskan saat traveling. Namun tak semua tempat membebaskan penggunaan drone. Untuk perayaan Waisak di Borobudur nanti misalnya, siapa saja yang ingin menerbangkan drone harus seizin pengelola Taman Wisata Candi Borobudur dan pihak kepolisian setempat. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED