Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 10 Jun 2018 13:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Ini 7 Tips Mudik Nyaman Naik Kapal Laut untuk Traveler

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Kapal ferry (Agung Pambudhy/detikTravel)
Foto: Kapal ferry (Agung Pambudhy/detikTravel)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
Jakarta - Kapal laut cukup diminati traveler sebagai transportasi mudik ke kampung halaman. Berikut ini tips nyaman mudik naik kapal laut.

Meskipun perjalanan lebih lama dari pesawat, mudik naik kapal tetap menjadi pilihan yang digemari pemudik. Terutama bagi traveler yang kampung halamannya ada di pulau berbeda.

Menyeberangi lautan naik kapal biasanya butuh waktu yang tidak sebentar. Apalagi kalau pelabuhan sedang padat, dan kapal harus mengantre lama untuk bersandar di dermaga. Nah, supaya mudik naik kapal bisa lebih menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa disimak.

Dirangkum detikTravel, Jumat (8/6/2018), inilah 7 tips mudik nyaman naik kapal laut:

1. Cari informasi ruang beristirahat di kapal

Demi alasan keamanan, beberapa kapal ferry melarang penumpang berada di dalam kendaraan selama pelayaran berlangsung. Traveler pun harus keluar dari kendaraan dan naik ke ruangan-ruangan yang tersedia di kapal untuk beristirahat.

Setelah keluar dari area parkir kendaraan, sebaiknya segera cari tahu ada berapa ruang duduk di dalam kapal dan apa saja kelasnya. Biasanya traveler bisa beristirahat dalam ruangan kelas ekonomi ataupun kelas bisnis, maupun VIP dengan pendingin ruangan. Kalau mau masuk ruangan yang lebih bagus biasanya ada biayan tambahan untuk karcis masuknya.

Untuk sisi dalam ruangan, ada yang menyediakan tempat duduk untuk traveler beristirahat, ada pula yang berupa tempat tidur. Jadi setelah mendapat informasi, istirahatlah di ruangan yang dianggap paling nyaman.

2. Bawa alas duduk

Pada musim mudik, tak jarang ruangan dengan tempat duduk untuk beristirahat sudah penuh oleh penumpang. Begitu pula sewa tikar maupun kasur. Nah untuk jaga-jaga kalau tak kebagian tempat duduk, bawalah alas duduk seperti tikar maupun kertas koran. Kalau badan sudah lelah dan ingin tidur lebih nyaman, bawa sleeping bag yang mudah di-packing.

3. Sedia bekal dan obat-obatan

Supaya tidak sulit mencari makanan saat lapar di kapal, sebaiknya sediakan makanan sendiri dari rumah atau kos untuk dibawa. Air minum dalam botol juga penting untuk dibawa. Selain itu, untuk jaga-jaga bawalah obat anti mabuk dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Di kapal biasanya ada yang menjual makanan dan minuman. Namun kalau membawa sendiri dari rumah tentunya bisa lebih mengirit budget. Harga makanan yang dijual di kapal tak jarang lebih mahal dari di toko biasa.

4. Tisu jangan ketinggalan

Tisu cukup penting untuk dibawa. Selalu sedia tisu, termasuk tisu basah. Bisa untuk membersihkan tangan sebelum makan, serta jaga-jaga kalau misalnya tidak tersedia tisu toilet.

5. Jalan-jalan keliling kapal sekalian hunting foto

Perjalanan menyeberangi pulau bisa memakan waktu berjam-jam, tergantung seberapa jauh jaraknya. Jika bosan duduk saja atau tak bisa tidur, saatnya jalan-jalan keliling kapal. Sesekali, berhentilah sejenak di dek dan pandangi lautan yang indah sambil menghirup udara segar. Kalau mau, sekaligus hunting foto juga asyik lho.

6. Perhatikan aturan kapal dan petunjuk keselamatan

Dalam setiap pelayaran tentunya ada informasi terkait prosedur keselamatan, serta aturan-aturan lainnya. Patuhilah peraturan yang ada. Kalaupun terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, traveler harus mengikuti instruksi dari ABK demi keselamatan.

7. Ingat-ingat lokasi kendaraan

Traveler yang naik bus atau membawa kendaraan pribadi, ingatlah di mana lokasi parkir kendaraan. Menjelang kapal bersandar, perjalanan menuju parkiran biasanya ramai. Tentunya akan membuang waktu lama kalau sampai tersasar gara-gara lupa tempat parkir. (krn/wsw)

FOKUS BERITA

Ide Wisata Mudik 2018
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED