Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Jul 2018 07:30 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Memilih Tour Leader yang Profesional

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Ilustrasi open trip (Thinkstock)
Ilustrasi open trip (Thinkstock)
Jakarta - Salah satu cara traveling asyik adalah ikut open trip. Tapi, ketahui dulu tips mendapatkan tour leader yang profesional.

Peristiwa ditingalnya lima orang wisatawan WNI di Maroko oleh tour leadernya patut dijadikan pelajaran. Jangan sampai hal-hal seperti ini terjadi lagi dalam dunia traveling.

"Cukup ini peristiwa terakhir dimana wisatawan ditingggal oleh tour leadernya! Jangan ada lagi orang-orang yang menawarkan jasa namun tidak bertanggung jawab," ujar Ketua Umum Indonesian Tour Leader Association (ITLA) Tetty DS Ariyanto, Minggu (15/7/2018) saat dihubungi detikTravel.

Tetty juga mengatakan sebelum kamu memilih untuk open trip, cari tahu dulu kebenaran dan keberadaan jasa yang akan kamu gunakan.

"Lihat dulu siapa dan bagaimana open trip yang kamu ikuti. Pastikan bagaimana juga tour leadernya bersikap dan profesional," ujar Tetty.



Menurut Tetty, adapun cara memilih tour leader yang profesional sebagai berikut:

1. Pastikan atribut yang menyertai

Sebelum memilih tour leader pastikan dulu dia punya ID atau sertifikat profesi yang dikeluarkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Jika dia memiliki keduanya berarti dia resmi dan bisa dipertangggungjawabkan.

2. Perhatikan tingkah lakunya

Jika ingin perjalanan menyenangkan pilihlah tour leader yang berkelakuan baik, tahu sopan santun, dan tata krama. Jangan hanya sekedar melihat paket trip yang ditawarkan saja, perhatikan juga orangnya.

3. Cari yang berpengalaman dan terampil

Pilihlah tour leader yang berpengalaman dan terampil. Parameternya bisa dari lama waktu dia sudah bekerja, daerah mana saja yang sudah didatangi, tamu dari perusahaan tur mana saja yang pernah dibawa dan lain-lain.



4. Lihat review media sosial

Ketahui juga keberadaan tour leader kamu dari media sosial. Lihat dan cari tahu bagaimana review netizen yang pernah menggunakan jasa mereka. Baca komentarnya dari situ kita juga bisa melihat kualitas dari tour leader tersebut.

5. Perhatikan rekomendasi dari orang yang Anda kenal

Kalau review di internet dan media sosial kurang meyakinkan, kalau begitu Anda mesti tanya keluarga atau sahabat yang pernah memakai jasa tour leader itu. Bisa saja review di internet tidak jujur.

Namun kalau bertanya langsung pada orang dekat, Anda bisa dapat jawaban yang lebih terpercaya. Jadi, jangan ragu menanyakan legalitas dan kualitas tour leader Anda! (sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Menikmati Pesona Karimunjawa

Selasa, 21 Agu 2018 13:10 WIB

Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau!

d'Traveler Jelajahi Indonesiamu

Tak Cukup Sekali ke Lovina

Selasa, 21 Agu 2018 11:05 WIB

Lovina punya segala pesona. Pantai di Bali ini punya sunset cantik, keramahan penduduk dan lumba-lumba di tengah lautan. Tak cukup sekali ke sana.