Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Agu 2018 15:12 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Aman untuk Wisatawan Pasca Rentetan Gempa di Lombok

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Warga melihat jalan retak di Lombok (Dok Bayu Wiguna/via REUTERS)
Warga melihat jalan retak di Lombok (Dok Bayu Wiguna/via REUTERS)
Lombok - Deretan gempa mengguncang Lombok sejak Minggu kemarin. Inilah tips aman untuk wisatawan yang masih berada di sana.

Beberapa gempa mengguncang Lombok, dengan guncangan besar 6,5 SR dan 7 SR. Hingga Senin (20/8/2018) gempa susulan masih bisa dirasakan.

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) setidaknya sudah ada 6 gempa sejak kemarin. Untuk itulah mereka memberikan rekomendasi langkah-langkah pengamanan yang bisa dilakukan semua orang termasuk wisatawan:

1. Tetap tenang dan ikut arahan pihak resmi

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

Para traveler tidak ada salahnya juga mem-follow akun-akun resmi BNPB, PVBMG dan pihak resmi lain untuk informasi terkini. Jangan mengikuti informasi yang tidak jelas sumbernya.



2. Tetap waspada gempa susulan

Gempa bumi susulan diharapkan lebih kecil dari gempa bumi utama. Namun masyarakat diharapkan tetap waspada.

3. Cari tempat terbuka, jauhi bangunan

Semua orang termasuk wisatawan diharapkan tetap berada di tempat terbuka. Mereka diminta menghindari berada di dalam bangunan. Akibat guncangan gempa bumi sebelumnya, bangunan menjadi rawan roboh.


4. Waspada retakan permukaan Bumi

Dalam gempa Bumi kali ini, terjadi banyak retakan di permukaan Bumi. Misalnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan munculnya retakan jalan menuju ke Pelabuhan Kayangan.

5. Waspada longsoran

Untuk para wisatawan yang ada di sekitar pegunungan, perbukitan atau kaki Gunung Rinjani diminta mewaspadai runtuhan tanah. BNPB mencatat terjadi longsor di Sembalun, tepatnya di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara. Wisatawan sebaiknya menjauh dari tempat rawan longsor di NTB.


Sederet Artis Doakan Lombok yang Kembali Diguncang Gempa, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(fay/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED