Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Sep 2018 09:50 WIB

TRAVEL-TIPS

6 Tips Liburan Hemat di Luar Negeri Saat Dollar Tinggi

Fitraya Ramadhanny
detikTravel
Ilustrasi dolar AS (Ari Saputra/detikTravel)
Ilustrasi dolar AS (Ari Saputra/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Diganggu Dolar
Jakarta - Nilai dolar yang tinggi bikin pusing kepala kalau mau liburan ke luar negeri. Tapi semua itu bisa disiasati dengan banyak cara.

Kalau kamu doyan liburan ke luar negeri, kondisi sekarang ini dengan nilai dolar melambung tinggi mesti jadi bahan pemikiran. Perlu ubah-ubah strategi, supaya liburan ke luar negeri tidak bikin kantung jebol.

Dolar melambung tinggi artinya kita mesti menghemat setiap Rupiah yang kita tukar untuk kebutuhan traveling. Dihimpun detikTravel, Rabu (12/9/2018), inilah jurus-jurus liburan hemat yang bisa kamu coba:

1. Naik maskapai bujet

Kalau biasanya kamu terbang ke luar negeri naik maskapai full service, dalam kondisi dolar tinggi, kamu pindah dulu ke low cost carrier alias maskapai bujet. Maskapai bujet menawarkan tiket harga miring untuk tujuan yang sama.

Memang fasilitasnya terbatas, tapi bukan artinya murahan. Ingat, setiap uang kita berharga.

2. Bawa bekal makanan lebih banyak

Konsumsi adalah pos pengeluaran traveling terbesar. Uang dolar kita belanjakan untuk urusan makan minum belaka. Sayang nggak tuh?

Kalau kamu biasa makan 3 kali sehari di luar negeri, ini saatnya kamu bawa bekal makanan lebih banyak dari Indonesia. Kamu bisa sarapan dengan bekal makanan itu, atau bahkan makan siang dan malam kalau memang cukup.

Roti-rotian atau mie cup instan bisa jadi andalan bekal makanan untuk menghemat pengeluaran dolar. Coba deh.

3. Kurangi belanja

Traveler Indonesia memang doyan belanja. Tapi belanja saat dolar sedang liar, artinya kamu mesti lebih bijak.

Jika biasanya kamu memborong oleh-oleh, mungkin bisa dikurangi kuantitasnya. Atau, kalau belanja aneka barang untuk diri sendiri, mungkin dipertimbangkan lagi mana yang benar-benar perlu dibeli.

3. Menginap di hostel backpacker

Kalau kamu biasa menginap di hotel saat di luar negeri, kamu bisa berhemat dengan menginap di hostel backpacker. Pasti tidak ada kolam renang atau restoran mewahnya, tapi tidak apa-apa bukan?

Saat traveling, sebenarnya kita butuh akomodasi utamanya untuk tidur saja. Sepanjang siang kita jalan-jalan.

Yang penting tempatnya bersih, bisa tidur nyaman. Harga murah, bukan artinya murahan. Plus, kamu juga bisa berkenalan dengan banyak backpacker lainnya.

4. Cari objek wisata gratis

Untuk menghemat dolar, carilah objek wisata atau atraksi yang bisa dinikmati gratis. Coba browsing dan cari datanya, misalnya 'free things to do in ...' Pasti banyak pilihan destinasi dan atraksi gratis di kota tujuan kita.

Berbagai landmark dunia bisa dinikmati gratis. Atraksi pergantian pasukan di Istana Buckingham Inggris, itu gratis. Pertunjukan lampu Spectra di Marina Bay Sands Singapura itu gratis, Symphony of The Light Hong kong juga gratis.

Banyak kok objek wisata dan atraksi gratis di destinasi liburan kamu. Happy hunting!

5. Manfaatkan kartu pelajar dan mahasiswa

Kalau kamu pelajar, mahasiswa, sudah lulus tapi kartu mahasiswanya masih berlaku, wajib bawa kartu pelajar/mahasiswa ya. Saat masuk objek wisata coba ditanya deh, biasanya ada diskon untuk pelajar dan mahasiswa.

Bukan cuma itu, malahan ada yang bisa kasih kamu masuk gratis karena kamu pelajar/mahasiswa. Kartu pelajar/mahasiswa juga bisa dipakai untuk discount di berbagai tempat.

6. Jurus paling sakti: patungan

Sekarang zamannya cost sharing, alias patungan. Pun saat liburan ke luar negeri, ayo berembuk dengan teman-teman kamu. Liburan bisa jadi murah kalau kalian patungan.

Hotel bisa patungan, makan bisa patungan, belanja oleh-oleh juga bisa patungan. Liburan bisa jadi lebih murah kalau kamu berbagi pengeluaran dengan teman dan kerabat. (fay/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Diganggu Dolar
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED