Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jul 2019 13:20 WIB

TRAVEL-TIPS

Jangan Takut Naik Pesawat! Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Foto: Ilustrasi pesawat (iStock)
Jakarta - Bagi sebagian orang, naik pesawat bisa jadi hal yang menakutkan. Bahkan, ada yang mengalami fobia terbang karena berbagai faktor.

Sebenarnya, tidak ada yang perlu ditakutkan saat naik pesawat. Pengamananan penerbangan terbilang cukup terstruktur dan berlapis, sehingga keamanan petugas dan penumpang pun jadi yang nomor 1 diprioritaskan.

Memang sih, beda orang, beda juga preferensi dan pemikirannya. Mungkin, ada satu dua hal yang menyangkut di masa lalu dan menyebabkan trauma, sehingga mereka bisa takut terbang naik pesawat. Namun, hal tersebut masih bisa diatasi.

detikcom pun telah mengumpulkan sejumlah tips jitunya untuk kamu, pada Senin (1/7/2019). Berikut selengkapnya:

1. Pelajari bagaimana pesawat bisa terbang

Tak kenal, maka tak sayang. Hal ini juga berlaku lho saat kamu naik pesawat. Kamu harus paham dulu, cara kerja pesawat dari mulai persiapan, terbang, hingga sampai di tujuan.

Umumnya, masa-masa kritis pesawat adalah saat lepas landas dan hendak landing atau turun dari langit. Inilah alasan kenapa traveler harus bersiap-siap membuka jendela, memasang sabuk pengaman dan lebih fokus. Jika pesawat sedang terbang (cruising) pun minim terjadinya kecelakaan terhadap pesawat.



2. Pahami tentang turbulensi

Turbulensi adalah hal yang wajar ditemui saat terbang dengan pesawat. Memang sih, badan rasanya seperti tergoncang apalagi saat di udara. Namun hal ini dikarenakan oleh cuaca.

Memang hanya kecil kemungkinannya terjadi hal yang diinginkan terhadap pesawat. Namun, turbulensi menyebabkan guncangan yang berpengaruh dalam kondisi fisik di pesawat. Tetap gunakan sabuk pengaman di kursi masing-masing jika terjadi turbulensi saat penerbangan.

3. Selalu positif

Selalu ingat hal-hal positif selama penerbangan. Cobalah mengontrol pikiran atau mendistraksi dengan menonton film dan membaca majalah yang disediakan maskapai. Hal ini akan membuat traveler terdistraksi serta tidak memikirkan hal-hal aneh yang berpotensi terjadi selama penerbangan.

4. Percayakan pada pilot

Seorang pilot menempuh jenjang pendidikan yang panjang sebelum menerbangkan pesawat. Sehingga, tidak sembarang orang bisa berprofesi menerbangkan pesawat. Traveler mesti paham, bahwa juga banyak prosedur sebuah armada pesawat hingga dianggap layak terbang. Begitupun maskapai yang mengoperasikan. Sehingga, keselamatan pasti menjadi prioritas paling utama.

5. Jangan sungkan berbicara kepada kru kabin

Apabila mengalami ketakutan berlebih, jangan sungkan ya untuk berbicara kepada pramugari dan pramugara. Mereka pun juga sudah terlatih untuk menangani dan membuat penumpang lebih tenang. Traveler pun akan lebih nyaman selama penerbangan dan tidak takut lagi.

6. Menyantap makanan atau minuman

Di sejumlah penerbangan umumnya menyediakan berbagai makanan dan minuman. Nah, ini juga penting biar kamu lebih tenang.

Jika terbang naik maskapai bujet, traveler bisa membeli teh atau kopi hangat supaya lebih rileks. Selain itu juga bisa membeli makanan ringan yang dijual maskapai. Apabila naik maskapai full service, traveler bisa minta kepada pramugari, umumnya mereka juga akan memberikan camilan dengan senang hati untuk menenangkan penumpang.

Simak Video "Pesawat Pengebom Era Perang Dunia II Jatuh, 7 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA