Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Agu 2019 22:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Ada Denda Barang Bawaaan, Ini Tips Liburan Pertama Kali Naik Kereta

Bonauli
detikTravel
Foto: (PT KAI/Istimewa)
Foto: (PT KAI/Istimewa)
Jakarta - Liburan pertama kali dengan kereta api kini jadi pilihan yang menarik. Supaya nyaman dalam perjalanan dan tidak kehabisan tiket, berikut tipsnya.

Menikmati perjalanan menjadi kunci untuk traveler yang mau liburan dengan kereta api. Meski ada beberapa hal yang harus disiapkan, traveler tak perlu bingung.

Dikumpulkan detikcom, Jumat (31/8/2019) berikut tips liburan bagi traveler yang menggunakan kereta api untuk pertama kali.

1. Jangan dadakan

Tiket kereta api kini bisa dipesan sampai mulai dari H-30. Kamu yang memesan tiket dadakan atau mepet dengan hari keberangkatan nampaknya agak sulit untuk mendapatkan tiket.

Transportasi kereta api mulai digemari oleh traveler. Sebaiknya rencanakan keberangkatan jauh-jauh hari dan jangan pesan tiket dadakan.

2. Tepat waktu

Keberangkatan kereta api biasanya tepat waktu. Traveler tak perlu takut untuk tidak kehabisan kursi dengan datang terlalu cepat. Karena sekarang semua penumpang dapat tempat duduk sesuai dengan tiket yang dipesan.

Waktu ideal untuk menunggu di stasiun minimal satu jam sebelum keberangkatan. Kamu bisa santai sejenak di stasiun sambil kembali teliti barang bawaanmu ya.

3. Ukur barang bawaan

Siapa bilang kereta api tak punya ketentuan dalam barang bawaan? Ada.

Traveler bisa membawa tas dengan maksimal berat 20 kg atau bervolume 70x48x30cm. Barang bawaan ini tidak berbayar alias gratis.

Traveler yang membawa barang bawaan lebih dari ketentuan akan dikenakan sanksi sesuai dengan kelas yang ditumpangi.

Selain dikenakan biaya, kasihan juga penumpang lain yang tidak mendapatkan tempat untuk bagasi. Jadi, yuk tingkatkan kepedulian dengan taat kepada aturan yang berlaku.

BACA JUGA: Rahasia di Balik Nama Kereta Api di Indonesia

4. Jangan saltum (salah kostum)

Kostum juga penting lho. Menurut pengakuan dari Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI, masih banyak traveler yang naik kereta dengan perhiasan berlebihan.

"Jangan saltum seperti banyak memakai perhiasan. Berbahaya," ujar Edi.

Penumpang kereta api dihimbau untuk memakai pakaian yang nyaman dan tidak berlebihan.

5. Siapkan gadget

Jalan-jalan dengan kereta api artinya kamu harus siap dengan perjalanan panjang. Di jalur selatan maupun utara, akan ada banyak pemandangan indah yang bisa traveler nikmati. Sayang dong kalau lewat begitu saja.

Traveler bisa menyiapkan gadget untuk foto-foto atau sekedar memakai headset untuk menikmati pemandangan.

BACA JUGA: Laris Manis, Rute Kereta Ini Paling Banyak Diminati

6. Jangan buang sampah sembarangan

Layaknya di transportasi publik lainnya, membuang sampah sembarangan adalah artinya melanggar aturan. Dalam setiap perjalanan, akan ada petugas kebersihan yang lewat untuk mengambil sampah.

Jadi, simpan sampahmu di dalam satu tempat dan tunggu sampai petugas kebersihan lewat.

Bagaimana traveler, mudahkan?

Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA