Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Des 2019 23:00 WIB

TRAVEL-TIPS

Naik Pesawat Baiknya Tak Begini: Nyeker hingga Colek-colek Pramugari

Kris Fathoni W
detikTravel
ilustrasi penumpang pesawat dan pramugari. (Foto: iStock)
Jakarta -

Buat traveler yang sering naik pesawat, ada sejumlah saran mengenai hal-hal yang sebaiknya tak kamu lakukan. Mulai dari sebelum antre, sampai sudah di pesawat.

Saran itu dirangkum oleh TheTravel.com. Dinyatakan bahwa hal-hal yang tidak sebaiknya dilakukan itu sendiri merupakan saran dari sejumlah maskapai. Apa saja? Berikut di antaranya.

- Guyon kelewatan

Bercanda sih boleh saja, tapi harus diingat bahwa pada bandara dan pesawat ada kelakar tertentu yang tabu. Guyon soal "bom", misalnya, bisa membuatmu batal terbang dan berurusan dengan petugas keamanan.

- Belum dipanggil tapi sudah mau duluan masuk pesawat

Setiap penumpang pesawat sejatinya dikelompokkan ke dalam kelompok. Bisa dalam bentuk huruf, warna, atau nomor kursi. Ini digunakan agar penumpang bisa tertib memasukiki badan pesawat.

Nah, terkecuali kamu adalah orang yang diprioritaskan, seperti ibu yang membawa bayi, lansia, pemegang tiket prioritas, dan lainnya, ada baiknya kamu duduk dulu sampai akhirnya kelompokmu dipanggil untuk boarding masuk ke pesawat.

- Penuhi kompartemen kabin bagian atas dengan aneka barang bawaan

Naik Pesawat Baiknya Tak Begini: Nyeker hingga Colek-colek PramugariIlustrasi kompartemen kabin pesawat. (Foto: Irwan Nugroho/detikcom)

Pernah kerepotan meletakkan koper di kompartemen kabin yang terletak di atas kepala, karena isinya sudah dipenuhi barang-barang kecil di sana-sini? Memang ada awak kabin yang bisa membantu merapikannya, tapi ini biasanya akan makan waktu.

Nah, sebenarnya disarankan kalau barang-barang seperti tas, jaket, atau yang berukuran kecil lainnya diletakkan di bagian bawah kolong kursi bagian depan, selama memang masih memungkinkan secara ukuran.

- Pegang segala macam hal

Kamu tipe orang yang tangannya gratak alias tak bisa diam tanpa pegang macam-macam barang? Hati-hati. Menurut Smarter Travel, bandara dan pesawat sejatinya memiliki sejumlah tempat yang higienitasnya bisa dipertanyakan termasuk di area kursi. Baiknya, jangan lupa untuk senantiasa membawa tisu basah atau disinfektan praktis lain yang bisa kamu ambil dengan mudah.

Naik Pesawat Baiknya Tak Begini: Nyeker hingga Colek-colek PramugariIlustrasi jendela pesawat. (Foto: iStock)

- Mager di kursi pesawat

Tidak disarankan mager alias malas gerak di kursi pesawat, terutama buat penerbangan jarak jauh, karena duduk diam mematung tak baik buat tubuh. Pada penerbangan jarak jauh bahkan penumpang disarankan berjalan di lorong setiap beberapa jam sekali.

- Mengonsumsi makanan dengan aroma kuat

Buat yang suka, buah durian jelas rasanya luar biasa. Tapi pertimbangkan bahwa buat orang lain yang tak suka, aromanya saja bisa sudah bikin muak. Nah, jenis makanan beraroma seperti itulah yang baiknya tidak kamu konsumsi di pesawat. Ingat, pesawat itu kan ruang tertutup. Kasihan dong penumpang lain yang tak suka dengan aroma makananmu itu.

- Makan (tanpa alas) dari meja lipat pesawat

Faktanya, meja lipat pesawat (tray table) adalah salah satu tempat yang paling kotor di pesawat. Menurut Escape Here, bakteri suka menempel di kulit manusia dan juga... plastik!

Naik Pesawat Baiknya Tak Begini: Nyeker hingga Colek-colek PramugariIlustrasi makanan dengan alas di tray table. (Foto: iStock)

Nah, kalau ada makananmu yang tercecer ke meja lipat pesawat, sebaiknya sih sekalian dibuang saja. Kalau ngotot memasukkan ceceran makanan dari tray table itu ke mulut karena "belum 5 menit", ingat-ingat saja kalau permukaan meja itu sangat mungkin sudah dipegang-pegang segala macam tangan orang, dan bahkan ada pula orang tua yang mengganti popok bayi pakai meja itu. Hii.

- Kebanyakan minum alkohol

Yang pertama harus diingat adalah kamu sedang naik pesawat, bukan di klab malam. Ya, memang sih kamu harus tetap terhidrasi di pesawat. Makanya, lebih baik minum air mineral saja deh.

- Minum air hangat, teh atau kopi



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA