Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Apr 2020 10:05 WIB

TRAVEL-TIPS

Stres di Rumah? Coba Peluk Pohon Besar Selama 5 Menit

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Gadis memeluk pohon besar di sebuah hutan.
Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang jadi stres karena kelamaan berdiam di rumah saat ini akibat Corona. Ada berbagai tips mengurangi stres. Namun tips yang satu ini agak nyeleneh.

Layanan kehutanan Islandia menyarankan warga untuk memeluk pohon selama 5 menit setiap harinya agar tidak terlalu bete sering di rumah. Mungkin tipsnya terlalu aneh tapi menurut penelitian memeluk pohon akan membuat orang merasa lebih tenang.

Seperti dikutip Lonely Planet, bagian yang paling sulit dalam masa #jagajarakdulu dan isolasi mandiri adalah pemisahan orang secara fisik. Selama masa lockdown, orang jadi jarang berpelukan. Kita pun merindukan sentuhan fisik, terutama mereka yang harus karantina sendiri.

Sebagai gantinya, Traveler bisa mengganti pelukan orang itu dengan berpelukan dengan pohon, terutama pohon besar. "Saat anda memeluk pohon, anda akan merasakan sesuatu mulai dari jari kaki, kemudian naik ke atas kaki, dada dan ke kepala," ujar Manajer Hutan untuk Islandia Utara Þór Þorfinnsson.

"Hal itu akan memberikan sensasi relaks, dan anda akan siap menghadapi hari yang baru dan tantangan baru," imbuhnya.

Memang hasil penelitian memperlihatkan pohon memiliki tenaga penyembuh. Orang Jepang suka melakukan ritual mandi pohon atau shinrin-yoku yang sudah menjadi tradisi serta menjadi program nasional kesehatan Jepang sejak 1982.

Dengan memeluk pohon, badan dan pikiran Anda akan menyatu dengan alam. Dokter di seluruh dunia pun sudah menyarankan hal ini untuk mengurangi stres dan memperbaiki kualitas kesehatan. Salah satu bagian atau senyawa dari pohon yang berperan adalah fitonsida yang memiliki efek psikologis menurunkan level stres. Jadi kalau ada pohon besar di rumah, ayo coba peluk selama 5 menit setiap hari traveler!

----

Traveler Punya pengalaman Traveling di berbagai tempat menarik? Kirim Artikelmu di Link Ini



Simak Video "Tips Atasi Bisnis Lesu karena Corona Merebak"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA