Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 07:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Simpel! Ini Cara Buat Kacamata Gerhana Matahari

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Kacamata Gerhana
Iustrasi kacamata gerhana (detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Fenomena langka Gerhana Matahari Cincin akan terjadi hari Minggu (21/6). Buat kamu yang mau melihatnya, bisa pakai kacamata gerhana matahari buatan sendiri.

Dalam waktu dekat akan terjadi fenomena langka Gerhana Matahari Cincin hari Minggu ini. Hanya seperti dikatakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Indonesia tidak kebagian fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), melainkan gerhana matahari sebagian.

"GMC 21 Juni 2020 tidak akan teramati di wilayah Indonesia. Di beberapa wilayah Indonesia (bagian utara), gerhana matahari sebagian dapat teramati," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN Rhorom Priyatikanto dalam pesan singkatnya kepada detikcom.

Hanya walau demikian, traveler di Indonesia tetap dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Sebagian. Namun, traveler tak bisa melihatnya dengan mata telanjang.

Seperti diketahui, salah satu cara aman untuk melihat gerhana adalah dengan menggunakan kacamata gerhana matahari. Hanya tak usah khawatir, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Dilihat detikcom dari situs Info Astronomi, cara membuat kacamata gerhana matahari sebenarnya cukup sederhana. Berikut cara membuatnya:

Bahan yang perlu dipersiapkan:

1. Pola kacamata matahari (dapat diunduh di sini)
2. Filter matahari (wajib jenis optical density 5)
3. Cutter atau gunting
4. Lem kertas
5. Kertas karton putih dengan gramasi yang tebal

Cara membuat kacamata gerhana matahari:

1. Unduh pola kacamata matahari lalu cetak di atas kertas karton putih dengan gramasi yang tebal.
2. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
3. Lipat pola di bagian tengah menjadi dua.
4. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
5. Potong filter matahari sesuai dengan petunjuk ukuran pada pola, lalu lem
6. Lem semua sisi kacamata

Bagi kamu yang tak punya filter matahari, bisa menggantinya dengan negatif film hitam putih (jangan yang berwarna). Negatif film hitam putih yang ada harus dipapar di bawah sinar matahari minimal 60 detik, selanjutnya harus dicuci di studio foto. Potong dan tumpuk hingga lima lapis.

Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan matahari maksimal hingga 2 menit. Hanya bagi kamu yang tak mau repot, kacamata gerhana matahari bisa dibeli di pasaran seharga Rp 20-35 ribu tergantung material filter dan desain yang digunakan.



Simak Video "Sempat Trending, #GerhanaMatahariCincin Bikin Galau Netizen"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA