Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Sep 2020 08:17 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips untuk Pendaki Pemula dari Prasodjo Muhammad

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Prasodjo Muhammad
Foto: (Prasodjo Muhammad/instagram)
Jakarta -

Traveler sudah pernah naik gunung? Untuk yang belum, detikTravel mempunyai tips untuk pendaki pemula. Ada lima poin penting yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung.

Youtuber yang juga getol mendaki gunung, Prasojo Muhammad membagikan beberapa tips penting untuk travelers yang belum pernah naik gunung. Yuk simak apa saja tipsnya.

1. Siapkan Fisik

Medan yang miring dan jarak yang jauh tentu membutuhkan tenaga yang banyak. Jadi sebelum memutuskan untuk naik gunung, kamu harus rajin berolahraga.

"Naik gunung nggak kaya jalan di taman, naik gunung tuh nanjak, otomatis makan banyak tenaga jadi sebisa mungkin seminggu sebelum naik gunung kita joging. Pokoknya aktifitas fisik lah," kata Prasodjo Muhammad, Sabtu, (19/9/2020) dalam ig Live bersama detikTravel.

2. Siapkan Mental

Pendaki pemula harus tahu dan menerima kenyataan bahwa mendaki gunung itu tidak mudah. Jangan sampai ketika sudah di tengah perjalanan, kita menyerah dan malah membebani teman-teman yang lain.

"Pertama kali kita lihat udah nginjekin kaki ke jalur pendakian, udah mental kita jangan pernah nyerah. kecuali ada halangan halangan yang mengharuskan kita untuk mundur. Ibaratnya jangan cengeng lah gitu kan," tambah Prasodjo.

3. Ketahui Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Nah, karena gunung memiliki suhu rendah, jadi travelers harus siapkan pakaian hangat, seperti jaket, kaos kaki, sarung tangan, dan jas hujan. Jangan sampai terkena hipotermia!

"di gunung itu nggak panas, gunung itu dingin, dingin banget, apalagi kalau malam. Jadi, banyak kasus-kasus orang kena hipotermia itu ya karena mereka melalaikan ini, hal satu ini, perlengkapan mereka. Nggak pake baju hangat segala macem," kata Prasodjo.

Tak hanya baju hangat, peralatan yang tak kalah penting adalah sepatu. Dengan memakai sepatu di jalur pendakian, akan menghindari segala risiko kaki lecet. Prasodjo merekomendasikan sepatu gunung yang dipakai saat mendaki.

"Kenapa sepatu gunung, sepatu gunung lebih safety. lebih aman terutama buat engkel, kalau cedera engkel kemungkinan besar bakal gampang cedera engkel lagi apalagi di gunung jadi diusahakan pakai sepatu," Prasodjo menambahkan.

4. Bawa Obat-Obatan

Untuk traveler yang punya penyakit, wajib bawa obat-obatan. Jangan sampai mengabaikan risiko yang terjadi ketika mendaki.

"Obat-obatan ini jangan sampe numpang sama temannya. karena kalau ada apa apa karena teman yang misah sedangkan kita lagi butuh obat susah jadinya," Prasodjo mengungkapkan.

5. Mendaki dengan Orang yang Berpengalaman

Untuk pendaki pemula, jangan sampai mendaki dengan pemula juga. Usahakan untuk melakukan perjalanan dengan orang yang berpengalaman.

"Kalau pemula usahakan mendaki sama orang yang sudah berpengalaman, jangan sama yang pemula juga. Kalau pemula sama pemula nanti sma sam keder sama-sama bingung," kata Prasodjo.



Simak Video "Pendaki Cilik Gunung Pangrango Cibodas Jawa Barat"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA