Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 27 Sep 2020 08:42 WIB

TRAVEL-TIPS

Trik Traveling Murah: Ikut Mudik Teman Kerja

Rizka Elfira
detikTravel
Sutiknyo @lostpacker
Pemilik akun Instagram @lostpacker Sutiknyo berbagi tips traveling murah. (dok. sutiknyo)
Jakarta -

Pemilik akun Instagram @lostpacker Sutiknyo membagikan tips traveling murah. Salah satunya, ikut mudik teman, seperti apa?

Sutiknyo menyukai jalan-jalan sejak SMK saat masih tinggal di Pati, Jawa Tengah. Dia memulai perjalanan di sekitar tempat tinggalnya. Di antaranya, mendaki bukit dan kemping di sana.

Hasrat untuk melancong kian meningkat saat dia merantau ke Pekanbaru. Padahal, waktu itu uangnya cekak. Bahkan, untuk mudik saja dia harus bekerja ekstra, mencuci piring di salah satu rumah makan.

Sutiknyo pun memutar otak untuk mendapatkan kesempatan traveling dengan bujet yang minimalis. Dari ngobrol dan merenung, dia mendapatkan ide untuk traveling dengan mengikuti teman pulang kampung.

"Saat itu ke Bukit Lawang, di sana kan tempat orang hutan, jadi saya langsung tanya teman saya 'rumah kamu di mana? Mau pulang kapan?,' jadi langsung saya schedule-in dari sekarang ke kampung nya dia," kata Sutiknyo dalam IGLive dengan detikTravel, Sabtu (26/9/2020).

"Otomatis makan dan tempat tinggal gue ditanggung dia, untuk transport gue bayar sendiri. Di sana kan pasti diajak jalan-jalan juga. Awal-awal, saya traveling kayak gitu sih hahaha," Sutiknyo menambahkan.

Tips traveling murah lainnya, Sutiknyo juga rela bekerja apa saja asalkan bisa jalan-jalan. Termasuk kerja serabutan di warung makan. Pengalaman itu dijalani Sutiknyo saat kehabisan uang di Sumatera Barat.

"Ongkos dari Pekanbaru ke Padang buat saya masih lumayan, dulu sekitar Rp 15.000 naik bus. Benar-benar itu saya enggak punya uang sama sekali di terminal Bukittinggi itu," ujar Sutiknyo.

"Akhirnya, saya mencoba peruntungan itu bekerja di rumah makan Padang, di sana seperti logistik dan cuci piring untuk mendapatkan Rp 15.000 untuk pulang itu. Saat saya ingin pulang, dibelikan tiket juga dibungkuskan nasi Padang 2 bungkus," katanya.

Nah, kalau traveler mempunyai tips traveling murah dengan cara lain atau setuju dengan cara @lostpacker?



Simak Video "InstaTalk!: Mengenal Keunikan dari Giant Panda Taman Safari"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/iah)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA