Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Jul 2021 12:19 WIB

TRAVEL-TIPS

5 Tips Aman Saat Long Stay di Hotel Favorit

Vila Pondok Cai Pinus di kaki Gunung Ciremai, Kuningan, Jabar
Ilustrasi tempat long stay (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Jakarta -

Hampir semua orang saat ini tentu merasa kebosanan ketika harus berada di rumah terus-menerus. Dan, long stay bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Jika traveler berminat, jangan lupa untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan ya. Berikut ini lima kegiatan itu tetap aman dan nyaman selama masa PPKM darurat mengutip dari RedDoorz:

1. Patuhi protokol kesehatan

Walaupun sudah banyak dari warga Indonesia yang sudah divaksinasi, mungkin kamu juga termasuk, kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Mulai dari memakai masker dengan anjuran memakai dua buah masker sekaligus, rajin untuk mencuci tanganmu dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Mematuhi protokol kesehatan ini bukan hanya untuk melindungi kamu, tapi juga orang lain di sekitarmu terlebih mereka yang bekerja untuk melayani kamu saat kamu sedang long stay.

2. Perhatikan sertifikat CHSE

Saat ingin menginap di hotel, jangan lupa untuk mencari tahu apakah hotel tersebut sudah mendapat sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

Surat ini dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menjamin kebersihan, kesehatan, keselamatan, untuk kamu dan kelestarian lingkungan untuk kita semua saat long stay atau menginap reguler.

Vila Pondok Cai Pinus di kaki Gunung Ciremai, Kuningan, JabarVila Pondok Cai Pinus di kaki Gunung Ciremai, Kuningan, Jabar (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

3. Membawa peralatan kebersihan dan mandi sendiri

Kebanyakan hotel dan tempat penginapan memang telah menyediakan peralatan mandi di setiap kamar mandi hotel. Namun lebih baik kamu membawa peralatan mandi sendiri di tengah pandemi.

Tidak perlu membawa peralatan yang banyak, cukup bawa shampoo dan sabun mandi serta sikat gigi dan pasta gigi ukuran kecil. Jika perlu, kamu juga bisa membawa handuk sendiri dari rumah saat long stay.

Petugas kebersihan di hotel atau penginapan yang kamu akan tempati mungkin sudah membersihkan kamar hotel dengan teliti, namun tidak ada salahnya kamu memastikan setiap sudut kamar sudah bersih.

Kamu bisa membawa cairan desinfektan berukuran kecil untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh oleh orang lain. Seperti, gagang pintu, saklar lampu, remote TV dan AC, hingga kran air agar lebih bersih.

4. Hindari kontak fisik

Kamu juga dapat menghindari atau meminimalisir kontak fisik dengan orang-orang di sekitar kamu saat sedang long stay, mulai dari proses check in, dan juga pembayaran. Kamu dapat memesan dan membayar hotel atau penginapan pesananmu secara online.

5. Pastikan dalam keadaan sehat sebelum long stay

Pastikan badan kamu dalam keadaan sehat sebelum melakukan long stay. Kondisi yang sehat sangatlah penting untuk memulai long stay.

Jika kamu merasa tidak enak badan atau kurang sehat, sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Apalagi jika menunjukkan gejala yang mirip Covid-19, seperti batuk, demam, diare dan lainnya.



Simak Video "Alasan 100 Titik ke Jakarta Disekat Saat PPKM Darurat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA