Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 23:03 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips dari Pilot untuk Kamu yang Takut Terbang

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi kursi Dekat Pintu Darurat pesawat
Foto: (iStock)
Jakarta -

Traveler yang takut ketika akan naik pesawat, coba ikuti tips dari pilot ini. Tips ini dapat membantumu lebih rileks dalam penerbangan.

Pilot bernama Harrison Murray membagikan tips itu di Tiktok. Ia menjawab pertanyaan salah seorang pengikutnya yang mengalami kecemasan jelang penerbangannya dari New York ke Inggris.

Harrison menjelaskan, cara terbaik untuk mengatasi ketakutan adalah dengan membuat daftar hal-hal yang penumpang khawatirkan dalam penerbangan.

"Saya merekomendasikan Anda untuk menulis daftar. Tulis semua hal yang membuatmu khawatir, cemas, atau takut, lalu coret semua yang tidak dapat Anda kendalikan, fokuslah pada hal-hal yang Anda miliki," ujarnya.

Selain itu, ada 5 tips lagi yang Harrison berikan. Berikut tips agar kamu tak takut naik pesawat:

1. Buat rencana

Harrison menyarankan agar para penumpang yang gugup untuk membuat rencana di dalam pesawat sebelum terbang. Ini berguna supaya penumpang lebih memegang kendali.

Penumpang dapat menonton video tentang pesawat untuk membantu membiasakan diri dengan penerbangan. Beberapa video rekomendasi adalah mengenai pesawat lepas landas dan mendarat, serta video dari kokpit yang memperlihatkan cara pilot bekerja.

"Penting untuk membiasakan diri Anda dengan apa yang akan terjadi pada hari itu. Jika Anda memiliki rencana, Anda akan merasa sedikit lebih terkendali," katanya.

"Saya akan membuka Youtube, menonton beberapa video tentang bagaimana pesawat terbang, memahami dasar-dasar yang saya pikir akan membantu," ia melanjutkan.

2. Cari tahu lokasi tempat duduk

Sebelum terbang, traveler dapat memeriksa tempat duduk secara online. Hal itu dapat membuat penumpang bersiap dan lebih tenang.

"Anda dapat mengunjungi situs seatguru.com dan memeriksa rencana tempat duduk pesawat dan memiliki gagasan di mana tempat terbaik," ujar dia.

Tip lainnya adalah memilih kursi di lorong agar penumpang memiliki lebih banyak ruang untuk bergerak.

"Jika Anda adalah orang yang pencemas atau mudah sesak, saya akan merekomendasikan untuk duduk di lorong, dengan begitu tidak akan ada yang menghalangi Anda dan ketika tanda sabuk pengaman dilepas, Anda dapat berjalan-jalan dan sedikit latihan pernapasan. Semoga bisa menenangkanmu," kata dia.

3. Jangan menonton video pesawat kecelakaan

Harrison menyarankan penumpang yang gugup untuk tidak menonton video pesawat kecelakaan.

"Tidak ada gunanya bagi Anda untuk melihat klip pesawat jatuh tepat sebelum Anda naik. Batasi menonton video investigasi kecelakaan udara atau video atau film apapun tentang kecelakaan," katanya.

Harrison menyebut, orang-orang lebih mungkin mati dalam kecelakaan mobil daripada dalam penerbangan. Kemungkinan mati di dalam mobil adalah 1 banding 17.000 sedangkan pesawat 1 banding 287 juta.

4. Jangan minum terlalu banyak alkohol

Jika gugup, jangan minum terlalu banyak alkohol. Batasi minum alkohol karena ini dapat mempengaruhi kesadaran penumpang.

5. Ikuti pelatihan terbang

Tips terakhir dari pilot adalah dengan mengikuti pelatihan terbang untuk membantu mengurangi kecemasan. "Jika Anda masih merasa sedikit takut, cobalah ikut pelatihan terbang. Beberapa pengikut saya mengatakan tentang ini dan hasilnya cukup bagus," tuturnya.



Simak Video "Perubahan Perilaku pada Penumpang Pesawat Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA