Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Jan 2022 06:12 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Cara Menyelamatkan Diri saat Kaca Jendela Pesawat Pecah

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Jendela Pesawat
Ilustrasi jendela pesawat. Foto: (iStock)
Jakarta -

Kaca jendela pesawat yang retak bahkan pecah dapat membahayakan seisi pesawat. Ada langkah penyelamatan yang harus diikuti penumpang.

Seorang pilot bernama Harrison Murray menjelaskan kondisi yang akan terjadi jika kaca jendela di samping tempat duduk penumpang pecah di tengah penerbangan. Hal itu ia sampaikan dalam bentuk video yang ia unggah di Tiktok @pilot_geeza.

Murray mengatakan, ketika kaca itu pecah, tekanan udara akan berkurang (depresurisasi) dalam kabin pesawat. Ini karena kabin akan langsung menyamakan kondisi di luar kabin.

Pada saat itu terjadi, penumpang punya waktu singkat untuk menyelamatkan diri. Murray mengungkapkan, setiap penumpang harus mengenakan masker oksigen dalam waktu 30-90 detik.

Sementara itu, menurut majalah Air and Space, setiap pesawat yang terbang pada ketinggian di atas 15.000 kaki diwajibkan memberikan 10 menit oksigen per penumpang. Sembari penumpang mengenakan masker oksigen, pilot harus dengan sangat cepat menurunkan pesawat dan mendarat darurat.

Memakai masker oksigen ini sangat penting. Bila penumpang gagal menggunakannya, mereka akan kehilangan kesadaran dan kemungkinan kecil dapat selamat.

"Jadi, jika kaca jendela pecah, Anda akan mengalami depresurirasi yang cepat. Anda akan merasakan kebisingan yang tinggi, suhu di dalam pesawat turun, kabin berkabut, dan rasa tidak nyaman di perut karena gas mengembang," ujar Murray seperti dikutip dari The Sun, Senin (10/1/2022).

Di sisi lain, pilot juga berusaha menyelamatkan pesawat tersebut.

"Di depan, kami akan melakukan daftar periksa, kami akan memasang masker oksigen, menjentikkan sakelar sehingga penumpang juga mendapatkan masker oksigen," kata dia.

"Kami akan mulai melakukan penurunan darurat, memeriksa semuanya, dan membuat rencana untuk mengalihkan ke bandara terdekat," dia memaparkan.

Video tersebut mendapatkan respon beragam dari netizen. Salah satunya membahas kemungkinan terburuk seperti penumpang yang tersedot keluar jendela pesawat.

"Melihat video ini kita tahu, kita tidak akan tersedot keluar dari jendela seperti di film-film Hollywood yang telah membohongi kita," ujar salah satu netizen.

Murray mengatakan peristiwa itu mungkin saja terjadi. Ia mencontohkan kasus nyata yang pernah terjadi.

"Oh mungkin saja itu terjadi. Beberapa tahun lalu, ada jendela pesawat yang terlepas dan kapten tersedot keluar tapi awak kabin memegangi kakinya," kata Murray.

Kejadian itu menimpa Kapten Lancaster, seorang pilot British Airways ketika sedang mengemudikan pesawat pada ketinggian 23.000 kaki. Pilot itu selamat meskipun harus menderita beberapa patah tulang.



Simak Video "Pesawat Berpenumpang Tabrak Truk di Haiti, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Adu Perspektif
×
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina
24 Tahun Reformasi dan Alarm Demokrasi Filipina Selengkapnya