Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Mar 2022 11:08 WIB

TRAVEL-TIPS

Ajak Anak Mudik Naik Pesawat? Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini

Anak Kecil Naik Pesawat
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Jika Anda berencana mudik, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan sedini mungkin.

Selain jalur darat, perjalanan mudik melalui jalur udara juga menjadi pilihan banyak orang, terutama bagi mereka yang membawa anak atau balita. Selain itu, juga karena waktu tempuh yang lebih cepat.

Terlebih saat ini, pemerintah telah membebaskan persyaratan tes Antigen maupun PCR dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pilih Jam Keberangkatan yang Sesuai

Saat bepergian dengan bayi dan balita, sebaiknya pilih waktu penerbangan yang sesuai. Hal ini agar tidak mengganggu waktu istirahat anak. Jika anak terbiasa tidur siang, Anda bisa memilih waktu mudik dengan pesawat di siang hari. Sehingga ia bisa tenang dan tidur dengan nyaman di pesawat. Atau bisa juga memilih penerbangan pagi karena tidak terlalu ramai.

Bawa Pakaian yang Nyaman

Agar anak tidak rewel selama di perjalanan, pilihlah pakaian yang nyaman. Misalnya kaos yang longgar, sehingga anak bisa bebas bergerak di dalam pesawat.

Selain itu, hindari pakaian dengan ritsleting atau terlalu banyak kancing, karena menyulitkan saat akan ke toilet. Jika anak kedinginan, jangan sungkan juga untuk meminta tambahan selimut kepada pramugari. Untuk alas kaki, tidak disarankan memakai sepatu bertali.

Bawa Gendongan atau Stroller

Bila Anda mengajak anak yang masih bayi, akan lebih mudah jika membawa gendongan atau baby sling. Namun terlalu lama menggendong tentu tubuh terasa pegal.

Untuk itu tidak ada salahnya membawa stroller atau kereta dorong. Biar praktis, pilih stroller yang berukuran kecil dan bisa dilipat. Jadi bisa disimpan di laci kabin pesawat.

Ganti Popok Sebelumnya

Sebelum mudik menggunakan pesawat, usahakan mengganti popok anak saat di Bandara. Jadi, Anda tidak perlu repot mengganti pampers ketika pesawat sudah lepas landas.

Hal ini mengingat tidak semua pesawat dilengkapi dengan nursery room. Sementara toilet di pesawat ukurannya cukup sempit, serta tidak ada meja untuk mengganti popok.

Hati-hati Tekanan Udara di Pesawat

Tekanan udara di dalam kabin pesawat terbilang tinggi. Hal ini bisa membuat telinga terasa nyeri, terlebih pada anak-anak. Untuk mengatasi rasa sakit pada telinga anak saat naik pesawat, disarankan minum banyak cairan selama penerbangan. Pada bayi khususnya yang masih mendapatkan ASI, juga bisa dilakukan dengan menyusui.

Jadi, pastikan 5 hal tadi telah dipersiapkan agar perjalanan mudik bersama anak terasa aman dan nyaman. Yang nggak boleh ketinggalan yaitu menyiapkan asuransi perjalanan.

Saat ini Zurich memiliki produk asuransi Zurich Travel Insurance dengan beragam manfaat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan Anda. Jika anda melakukan perjalanan antar kota lebih dari 100km artinya Anda sudah membutuhkan asuransi perjalanan domestik. Mudik bareng Zurich jadi lebih tenang.

(ncm/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA