Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 03 Apr 2022 06:41 WIB

TRAVEL-TIPS

Cara Upgrade ke First Class Secara Gratis

Kursi first class pesawat
Ilustrasi first class pesawat (Foto: CNN)
Jakarta -

Ya, intinya dalam suatu kondisi Anda dapat meng-upgrade ke first class secara gratis. Jadi kita bisa menikmatinya tanpa harus membayar tiket mahal.

Travel + Leisure, menguraikan cara mendapatkan peningkatan secara gratis, terutama pada penerbangan domestik dan internasional di AS, dilansir Minggu (3/4/2022). Ada pula beberapa mitos umum pada prosesnya.

1. Upgrade first class di penerbangan domestik

Sebagian besar maskapai penerbangan memasarkan kabin premium mereka pada penerbangan domestik sebagai "kelas satu", dan ini biasanya berupa kursi berlengan yang luas di pesawat berbadan sempit (yang memiliki satu lorong).

Cara terbaik untuk mendapatkan upgrade ke kelas satu secara gratis adalah dengan mendapatkan status elit maskapai. Upgrade gratis ditawarkan kepada frequent flier (yang sering terbang) di semua maskapai besar, meski tidak harus di setiap rute.

Jika Anda memiliki status elit, yang harus Anda lakukan adalah memastikan untuk meminta peningkatan gratis untuk pemesanan Anda sebelum penerbangan atau saat Anda check-in (metodenya berbeda-beda di tiap maskapai).

Upgrade diberikan berdasarkan ketersediaan, dan daftar untuk kursi terbatas tersebut memiliki hierarki tertentu. Elit tingkat atas menempati peringkat tertinggi, sementara faktor lain seperti memiliki kartu kredit maskapai juga ikut berperan.

Jika Anda tidak memiliki status itu, Anda masih dapat mencetak peningkatan, tetapi Anda harus membayarnya. Banyak maskapai penerbangan menawarkan penawaran peningkatan jika ada ketersediaan di kabin kelas satu, yang dapat dibayar dengan uang atau mile, memilih untuk membayar dengan mil berarti Anda secara teknis akan mendapatkan peningkatan secara gratis.

Kabin First Class maskapai EmiratesKabin First Class maskapai Emirates (Foto: Emirates)

2. Upgrade first class di penerbangan internasional

Di penerbangan ini, maskapai sering mencap kabin premiumnya sebagai "kelas bisnis" atau dengan nama khusus seperti Polaris (United), Delta One, Flagship Business (Amerika), dan Mint (JetBlue). Beberapa maskapai penerbangan juga memiliki kelas yang bahkan lebih mewah dari bisnis, yang disebut first class.

Tidak seperti penerbangan domestik, peningkatan pada penerbangan internasional sangatlah jarang. Sebagian besar status elit tidak memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke kelas bisnis, kecuali untuk beberapa penerbangan internasional jarak pendek.

Ada satu pengecualian lain, status elit tingkat atas sering diberikan upgrade di seluruh sistem karena loyalitas mereka. Sertifikat tersebut dapat ditukarkan dengan upgrade ke kelas bisnis pada penerbangan internasional, tapi masih harus menunggu ketersediaan di kabin.

Jika Anda bersedia membayar untuk upgrade, tetapi mencari penawaran yang bagus, ada beberapa metode yang dapat Anda coba.

Beberapa maskapai penerbangan, termasuk Etihad dan Hawaiian, mengizinkan penumpang untuk menawarkan upgrade sebelum penerbangan, sementara yang lain, seperti KLM dan Qatar, terkadang menawarkan upgrade dengan diskon yang cukup besar jika Anda bertanya kepada agen di bandara.

3. Upgrade first class sebagai kejutan

Meski jarang terjadi, penerbangan mungkin mengalami kelebihan penjualan di kabin ekonomi, tetapi mungkin ada ruang kosong di kelas satu atau bisnis. Dalam hal ini, beberapa penumpang yang sangat beruntung mungkin akan naik ke kelas satu atau bisnis secara gratis dalam apa yang dikenal sebagai peningkatan operasional dan upgrade ini biasanya ditawarkan kepada si elit terlebih dahulu.

Pada catatan yang sama, jika pesawat Anda kelebihan pesanan dan maskapai meminta sukarelawan untuk mengambil penerbangan berikutnya, penumpang yang bersedia melakukannya mungkin memiliki hak tawar untuk mendapatkan peningkatan.

4. Mitos upgrade ke first class

Bisakah saya mendapatkan upgrade gratis pada hari ulang tahun atau di bulan madu saya? Tidak bisa, kesempatan itu sudah lama ditiadakan.

Lalu, bisakah saya meminta pramugari atau agen gerbang masuk untuk memberi saya peningkatan? Kebijakan ini berbeda-beda menurut maskapai, termasuk jika sudah mendahulukan si elit.

Apakah berdandan membantu peluang saya untuk upgrade? Tidak. Upgrade untuk penumpang yang membayar tidak bergantung pada pilihan pakaian juga riasan karena sudah didasarkan pada status elit.



Simak Video "Pesawat Twin Otter Berisi 22 Orang Hilang Kontak di Nepal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA