Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 27 Apr 2022 16:08 WIB

TRAVEL-TIPS

Simak! 5 Tips Mudik Aman Biar Selamat Sampai Kampung Halaman

Zefanya Aprilia
detikTravel
Ilustrasi mudik
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mudik ke kampung halaman memang jadi tradisi setiap Hari Raya Idul Fitri. Apalagi, kini pemerintah telah kembali mengizinkan perjalanan mudik dengan sejumlah catatan.

Perjalanan jarak jauh yang ditempuh saat mudik seringkali menimbulkan kondisi kelelahan dan akhirnya kondisi kesehatan pun akan menurun. Tak jarang orang malah jadi sakit saat tiba di kampung halaman atau saat merayakan Hari Raya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini tips persiapan perjalanan mudik agar aman dan lancar tanpa hambatan.

1. Jaga Kesehatan Tubuh

Pertama dan paling penting untuk dipersiapkan dalam perjalanan mudik adalah kesehatan tubuh. Jika kondisi tubuh Anda di bawah kondisi kesehatan rata-rata, lebih baik tunda dulu rencana mudik daripada nanti Anda 'tumbang' alias jatuh sakit saat sampai di tujuan.

2. Persiapkan Transportasi

Pilih transportasi yang sesuai dengan tujuan mudik Anda. Jika Anda menggunakan transportasi umum, baik jalur darat, air, dan udara, pilihlah tempat duduk yang lebih nyaman dan luas untuk menghindari mabuk perjalanan.

Sementara, bila Anda membawa kendaraan pribadi, jangan lupa untuk periksa rutin kondisi kendaraan mulai dari lampu, setir, rem, dan jangan lupa bawa perkakas kendaraan untuk mengantisipasi mogok di perjalanan.

3. Siapkan Bekal

Meskipun saat lapar bisa berhenti sesaat di rest area atau warung di pinggir jalan, namun jauh lebih baik jika bisa membawa makanan sendiri dari rumah. Selain lebih hemat, kebersihannya juga akan jauh lebih terjaga dan meminimalisasi risiko infeksi.

4. Bawa Barang Secukupnya

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, hal ini penting demi kestabilan kendaraan apalagi bagi yang membawa motor. Usahakan agar barang bawaan tidak berlebihan sampai keluar dari sisi-sisi kendaraan.

Sementara, bagi yang berencana naik transportasi umum, ini penting agar Anda tidak perlu repot mengangkat banyak barang. Terlebih Anda baru saja melalui perjalanan panjang. Kalau perlu, kirim barang-barang dulu lewat kurir.

5. Siapkan Hiburan untuk Menemani Perjalanan

Anda bisa menyiapkan sejumlah musik favorit untuk didengarkan selama perjalanan. Meskipun hal ini sifatnya teknis, tapi penting untuk diperhatikan agar saat perjalanan mudik pengendara bisa tetap fokus dan terjaga.

Itulah 5 hal yang perlu dipersiapkan perjalanan mudik berlangsung aman dan lancar. Agar lebih aman lagi, jangan lupa untuk menyiapkan asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Zurich Travel Insurance adalah asuransi pilihan tepat yang mampu memberikan perlindungan saat kamu harus mudik. Saat ini Zurich memiliki produk asuransi perjalanan yang memiliki manfaat komprehensif dan mampu disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yakni Zurich Travel Insurance.

Tenang saja, Zurich Travel Insurance juga bisa kok melindungi perjalanan domestik kamu ke kampung halaman tercinta. Mudik bareng Zurich jadi lebih tenang.

(akn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA