Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Mei 2022 14:14 WIB

TRAVEL-TIPS

Trik Mengetahui Penerbangan Ditunda Bahkan Sebelum Diumumkan

Pekerja menaiki tangga mobile tower yang berada di parkiran Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/6/2016). PT. Angkasa Pura II bersama AirNav Indonesia menyiapkan Mobile Tower  sebagai pendukung tower utama untuk memantau lalulintas pesawat di Apron Terminal baru, sebelumnya Kementerian Perhubungan menyatakan visual tower utama terganggu dalam melihat pergerakaan lalulintas pesawat didarat. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Apron pesawat, trik mengetahui pesawat akan delay sebelum diumumkan (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Penundaan penerbangan pasti membuat traveler jengkel karena memengaruhi aneka rencana. Tapi, kamu bisa mengetahui adanya penundaan bahkan sebelum diumumkan. Begini caranya.

Travel + Leisure melansir, dikutip Kamis (19/5/2022), sebenarnya penundaan penerbangan dapat diprediksi. Dengan mempelajari penundaan itu sebelumnya, Anda dapat mengurangi efek stres yang ditimbulkan karena tak kunjung naik pesawat.

"Petunjuk yang paling jelas, tentu saja, adalah memeriksa cuaca," kata salah satu pilot dari suatu maskapai, Patrick Smith.

Tentu saja, jika bandara keberangkatan Anda mengalami cuaca buruk, ada kemungkinan besar penerbangan Anda akan tertunda.

"Namun, ada banyak variabel di sini. Beberapa bandara lebih rentan terhadap penundaan daripada yang lain. Beberapa inci salju di Denver atau Detroit bukan masalah besar tapi keberadaannya di Washington atau Dallas dan lainnya, dapat menyebabkan masalah," tambah Smith.

Operator Amerika harus merinci penyebab penundaan mereka ke Biro Statistik Transportasi (BTS), yang menerbitkan laporan bulanan informasi itu. Pada tahun 2021, cuaca menyebabkan seperempat keterlambatan setiap bulan.

Penyebab lain termasuk keterlambatan kedatangan pesawat karena penundaan sebelumnya (ini adalah penyebab paling umum dari penundaan penerbangan), masalah pemeliharaan atau kru, dan lalu lintas yang padat.

"Mengetahui status masuk pesawat adalah petunjuk besar tentang bagaimana status keluarnya mungkin terpengaruh," kata Smith.

"Beberapa situs web dan aplikasi maskapai memungkinkan Anda melacak keberadaan pesawat yang akan Anda naiki," kata dia.

Di Delta, Anda dapat mengetuk "Where's My Plane?" dalam aplikasi maskapai untuk melihat status pesawat Anda saat ini pada penerbangan masuknya.

Atau, Anda dapat mencoba program pihak ketiga seperti FlightAware untuk melacak informasi yang sama. Jika penerbangan sebelumnya tertunda, kemungkinan besar penerbangan Anda juga akan tertunda.

Mengenai penundaan yang ditentukan oleh Sistem Ruang Udara Nasional (NAS), termasuk yang disebabkan oleh cuaca dan lalu lintas yang tidak ekstrem, detailnya tidak hanya diberikan kepada pilot dan pengontrol lalu lintas udara, tetapi juga tersedia untuk publik.

Masalahnya adalah informasi ini sedikit rumit untuk diuraikan, karena biasanya berupa campuran huruf dan angka yang tidak masuk akal bagi kebanyakan orang.

Di situlah program pelacakan penerbangan masuk. Aplikasi Flighty, misalnya, secara khusus dirancang untuk menarik semua data yang tersedia tentang penerbangan Anda, memecahkan kode dan menafsirkannya, dan memperingatkan Anda tentang potensi masalah yang mungkin memengaruhi keberangkatan Anda.

"Apa yang coba dilakukan maskapai adalah menunda penerbangan sesedikit mungkin, selambat mungkin. Dan apa yang kami coba lakukan adalah mengatakan yang sebenarnya sesegera mungkin," kata pendiri dan CEO Flighty, Ryan Jones.

Meskipun Anda pasti dapat mencari semua informasi sendiri, itu membutuhkan sedikit usaha karena harus memeriksa beberapa sumber beberapa kali sebelum keberangkatan. Flighty mengotomatiskan proses itu untuk Anda.

Aplikasi itu memiliki versi gratis dan premium dengan biaya USD 5,99 per bulan atau USD 49,99 per tahun, memberi tahu Anda tidak hanya tentang penundaan, tetapi juga tentang detail seperti perubahan gerbang, yang terkadang tidak diumumkan di bandara hingga menit terakhir.



Simak Video "Citilink Delay 6 Jam di Bandara Palembang, Penumpang Kesal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA