Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 12 Jul 2022 22:15 WIB

TRAVEL-TIPS

Simak 5 Tips Traveling dari Nenek 76 Tahun, Usia Tak Jadi Halangan!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Solo Traveling
Ilustrasi traveling. (Dok Shutterstock)
London -

Traveler berusia 76 tahun berbagi pengalaman sekaligus tips traveling keliling dunia. Ia juga membagikan tips khusus bagi lansia yang ingin memulai traveling.

Traveling merupakan kegiatan yang bisa dilakukan siapapun. Meski umumnya dilakukan kalangan muda, namun ternyata traveling juga banyak dilakukan oleh mereka yang sudah lanjut usia.

Dilansir dari Express UK, berdasarkan penelitian yang dilakukan laman Bewarethebugs.com di Inggris, orang berusia di atas 55 tahun lebih mungkin untuk menjelajah dibandingkan kalangan muda Inggris. Contoh nyatanya yaitu Irene Jones (76), Ia telah menjelajahi banyak negara di seluruh dunia.

Ia menceritakan bahwa kegemarannya untuk traveling dimulai pada tahun 1960. Ketika Ia masih menempuh pendidikan keperawatan.

"Tiba-tiba saja ada penerbangan murah dan Anda bisa pergi ke Eropa, wilayah yang indah dan cerah," kata Irene.

Kala itu Benidorm, sebuah kota di Spanyol masih merupakan sebuah desa nelayan kecil. Heathrow pada saat itu juga hanya merupakan sebuah bandara kecil.

Ia juga menambahkan bahwa dulu traveler mengolesi tubuhnya dengan minyak zaitun untuk melindungi kulit. Ini mereka lakukan sebelum mereka mengetahui mengenai melanoma dan kanker kulit.

Irene merupakan seorang petualang. Ia sudah pernah hitch hiking atau nebeng di seluruh Eropa. Ia juga telah menjelajah ke seluruh dunia.

Ia merupakan salah satu turis asal Inggris pertama yang mengunjungi Rusia. Menggunakan penerbangan dari maskapai Aeroflot ke Leningrad yang kini menjadi St. Petersburg. Di sana Ia mengunjungi makam Lenin.

Irene juga pernah mengendarai mobil Volkswagen Beetle ke Irak bersama mantan kekasihnya. Meskipun pada saat itu kemudian mereka lupa dan meninggalkan paspornya di Istanbul.

Beberapa tips traveling dari Irene yang Ia bagikan pada Express UK adalah:

1. Jangan pernah menyerahkan paspor pada siapapun

Beruntung, ketika Ia melupakan paspornya di Istanbul Irene bertemu dengan seorang pria baik hati. Mereka bertemu pria itu saat mengantri di perbatasan Turki. Pria tersebut menghubungi pihak hotel dan membantu mereka mendapatkan dokumen mereka kembali.

"Itu mengajarkan saya agar tidak menyerahkan paspor kepada siapapun. Meski kadang Anda bisa saja bertemu dengan orang asing yang baik hati," kata Irene.

2. Bawalah selalu sebuah scarf yang bagus di tas

Irene mengatakan bahwa scarf adalah satu item yang harus traveler bawa ketika akan mengunjungi sebuah negara baru. Cara terbaik untuk mempelajari budaya dan merasakan pengalaman hidup orang lain adalah dengan mengikuti budaya mereka.

"Anda harus menghargai hidup mereka. Selalu bawa scarf terbaik Anda di tas karena kadang Anda harus menutup kepala. Baik di Vatikan atau di India atau saat mengunjungi sebuah masjid, kadang Anda harus (menutup kepala). Jika Anda seorang traveler, maka ikuti arusnya," kata Irene.

3. Selalu mulai packing dari kaki ke kepala

Kemana pun Irene akan pergi, Ia selalu melakukan urutan packing yang sama.

"Selalu mulai packing dari kaki ke kepala. Bawa sepatu bagus, bukan sepatu konyol, dan topi," katanya.

4. Selalu bawa obat-obatan pribadi dalam tas

Berkaitan dengan kesehatan, Irene menyarankan para traveler untuk selalu membawa obat-obatan dalam tas tangan. Untuk berjaga-jaga jika mereka membutuhkannya saat dalam pesawat.

5. Penuhi segala jenis vaksin jika ingin menjelajah ke wilayah asing

Ia juga mengatakan bahwa penting untuk memenuhi segala jenis vaksinasi sebelum bepergian. Terutama jika traveler berencana untuk menjelajah wilayah-wilayah asing atau terpencil.

Bagi traveler yang sudah lanjut usia, mungkin mereka akan merasa lebih gugup ketika akan berlibur. Irene menekankan bahwa semua itu tergantung pada detail perjalanan.

Selanjutnya: Tips Traveling di Usia Lanjut

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kisah Pilu Nenek Dara, Derita Stroke dan Hidup Sebatang Kara di Kandang"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA