Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 10 Agu 2022 20:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Kamu Jangan Pakai Sandal Jepit ke Bandara Dong! Ini Alasannya

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Young girl feet in colorful flipflop sandal on sea beach
Ilustrasi sandal jepit. Foto: (Getty Images/iStockphoto/eternalcreative)
London -

Saat bepergian biasanya disarankan untuk menggunakan pakaian yang nyaman. Namun analis penerbangan tidak menyarankan penumpang untuk menggunakan sandal jepit saat akan terbang. Ini alasannya.

Ketika akan melakukan perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh biasanya traveler akan menggunakan pakaian paling nyaman. Termasuk untuk urusan alas kaki. Bagi beberapa orang, sandal jepit merupakan pakaian paling nyaman.

Namun ternyata sandal jepit bukanlah pilihan alas kaki yang direkomendasikan saat akan melakukan penerbangan. Dilansir dari The Sun UK, menurut sejumlah pakar penerbangan dan kru pesawat, sandal jepit adalah salah satu pilihan alas kaki terburuk.

Analis Penerbangan CNN Mary Schiavo menyarankan penumpang untuk menghindari penggunaan sandal jepit. Menurutnya, jika terjadi situasi darurat, penggunaan sandal jepit cenderung tidak aman dan dapat membahayakan keselamatan diri.

"Tolong gunakanlah sepatu yang masuk akal dan pakailah selalu hingga pesawat lepas landas. Saya melihat orang-orang naik ke pesawat menggunakan sandal jepit dan saya rasa jika Anda harus bangun dan lari, Anda akan terjatuh atau Anda tak akan bisa berlari. Anda tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi Anda akan membahayakan banyak orang dalam penerbangan tersebut. Jadi pakailah sepatu," ujarnya.

Pernyataan ini didukung oleh pendapat dari seorang pramugari bernama Andrea Fischbach. Ia menuturkan bahwa penggunaan sandal jepit dan high heel tidak disarankan karena cenderung tidak aman.

"Jika Anda harus melakukan peralihan penerbangan dengan cepat dan berpindah terminal, sangat disarankan untuk memakai sepatu yang dapat mempermudah mobilitas. Saya sangat tidak menyarankan penggunaan sandal jepit dan high heels, utamanya untuk keselamatan," katanya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam situasi darurat tertentu yang mengharuskan penumpang turun menggunakan slide atau perosotan, sepatu berhak atau high heels akan diminta dicopot. Karena hak pada sepatu dapat merusak perosotan tersebut.

Selain saran mengenai jenis sepatu yang digunakan, pakar penerbangan Christine Negroni juga memberitahukan kapan saja sepatu sebaiknya digunakan. Menurut Christine, sebaiknya saat landing penumpang tetap menggunakan sepatunya.

"Waktu paling beresiko dalam penerbangan adalah saat landing, dan menurut saya penggunaan sepatu saat landing seharusnya menjadi aturan," ujarnya.



Simak Video "Penumpang Pesawat Mengaku Tak Takut Tertular Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA