Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 19 Agu 2022 10:08 WIB

TRAVEL-TIPS

3 Tips Menyelamatkan Diri saat Pesawat Mendarat Darurat

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi penumpang pesawat
Foto: Getty Images/iStockphoto/ViktorCap
Jakarta -

Mantan pramugari Shawn Kathleen membagikan sejumlah tips untuk para penumpang agar dapat menyelamatkan diri ketika pesawat mengalami kecelakaan.

Shawn membeberkan saran-saran ini menanggapi kecelakaan pesawat di Miami yang terjadi pada Juni lalu. Pesawat itu terbakar setelah roda pendaratannya rusak. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu karena seluruh penumpang berhasil menyelamatkan diri.

Shawn menjelaskan, tips pertama dalam kondisi darurat adalah seluruh penumpang harus siap dan meninggalkan semua barang bawaan.

"Bersiaplah. Selama pendaratan darurat, salah satu perintah yang akan Anda dengar adalah teriakan awak 'tinggalkan segalanya!'," tulis Shawan melalui akun Passenger Shaming.

"Seperti yang Anda lihat di video, banyak penumpang yang berhenti saat evakuasi darurat untuk mengumpulkan barang-barang mereka," ia melanjutkan.

Tindakan seperti penumpang yang masih mengumpulkan barang ini akan membahayakan keselamatan mereka. Shawn mengatakan, pesawat terbakar dalam hitungan detik.

Selain itu, Shawn juga memaparkan apa yang harus dilakukan penumpang setelah turun dari pesawat.

"Begitu Anda meninggalkan pesawat, lari lah sampai jarak yang aman dari pesawat, dan berkumpul lah dalam sebuah kelompok untuk menunggu personel darurat," kata dia.

"Jangan berkeliaran tanpa tujuan di sekitar landasan. Menjauh dari pesawat dan tetap di sana," sambungnya.

Tips terakhir adalah selalu mendengarkan perintah dari awak kabin dan memperhatikan demonstrasi keselamatan. Seringkali banyak penumpang yang mengabaikan prosedur penyelamatan diri ini.

"Perhatikan demo keselamatan sebelum lepas landas. Jika kru menyuruh Anda meninggalkan semuanya, lakukan saja. Kami ingin semua orang mengungsi dengan aman dan utuh. (Barang) yang lainnya dapat diganti," pungkasnya.



Simak Video "Detik-detik Pesawat Pribadi Austria Jatuh di Laut Latvia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA