Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 18 Okt 2022 09:41 WIB

TRAVEL-TIPS

Supaya Paspor Tidak Rusak, Tolong Dipakaikan 'Baju'

bonauli
detikTravel
Ilustrasi Pasport Indonesia
Ilustrasi paspor (A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Paspor jadi barang penting saat traveler liburan ke luar negeri. Namun dalam perawatannya, paspor sering kali rusak dan bikin liburan amburadul.

Paspor adalah kartu tanda identitas bagi warga negara asing yang sedang liburan. Mungkin ada beberapa negara yang tidak butuh visa, tapi paspor adalah barang penting dan harus selalu ada.

Traveler yang liburan ke luar negeri wajib menunjukkan paspor saat naik pesawat, memesan kamar hotel sampai berbelanja di duty free. Namun kerap kali, paspor rusak secara tidak sengaja.

Seorang pramugari yang bernama Roselie Edith membagikan tips terbaik untuk traveler yang liburan ke luar negeri. Sudah terbang selama 9 tahun, Rosalie sering bertemu traveler yang liburannya amburadul cuma karena paspor rusak.

"Barang paling penting yang harus dikemas adalah cover paspor, bahkan tas khusus paspor," ujarnya dikutip dari The Mirror.

Menurutnya paspor harus diberi 'baju' supaya terhindar dari air dan segala macam ancaman.

"Paspor yang rusak akan membuat liburan Anda juga rusak. Cover paspor akan melindungi halaman agar tidak tertekuk, kena hujan dan lain-lain," kata dia.

Selain cover paspor, tempat penyimpanan paspor juga harus dipilih. Selalu bawa paspor dalam tas jinjing yang dibawa ke kabin. Karena, jika dimasukkan ke koper dan bagasi Anda hilang maka tamatlah mimpi liburan menyenangkan.

"Selain itu, kemas juga pakaian dalam cadangan, baju ganti dan sepatu cadangan di dalamnya," ujar dia.



Simak Video "Masa Berlaku Paspor Diperpanjang Jadi 10 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA