Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Feb 2023 06:41 WIB

TRAVEL-TIPS

Tips Aman Menginap di Hotel, Termasuk Pasang Tanda Jangan Ganggu

Putu Intan
detikTravel
ilustrasi
Ilustrasi hotel. Foto: Dok.Detikcom
Jakarta -

Traveler yang menginap di hotel sebaiknya tetap waspada. Berikut tips aman menginap di hotel menurut pakar.

Pakar perhotelan Brian Moore menjelaskan sejumlah langkah yang perlu dilakukan tamu saat check-in di hotel. Salah satunya memastikan pintu kamar tertutup rapat.

"Pastikan pintu kamar memiliki mekanisme penutupan otomatis dan kunci ganda," katanya seperti dilansir dari Express.co.uk, Selasa (7/2/2023).

Tamu juga diharapkan langsung menghubungi staf bila menemukan masalah. Jangan sampai, tamu meninggalkan kamar dalam kondisi pintu tidak menutup sempurna.

Brian juga merekomendasikan agar tamu meminta staf hotel untuk memberikan baji pintu sebagai keamanan ekstra. Baji ini dapat digunakan pada pintu untuk lapisan perlindungan tambahan saat tamu berada di dalam ruangan.

"Jangan pernah menyebutkan nomor kamar Anda dengan keras, ini mencegah seseorang mendekati meja resepsionis dan mencoba mendapatkan kunci dengan berpura-pura mengenal Anda," ujar Brian.

Mengenai barang berharga, Brian merekomendasikan tamu untuk menyimpan semua barang terpenting mereka di brankas hotel.

"Anda juga dapat membawa gembok koper jika brankas kamar dibobol, atau kunci sepeda yang lebih tebal untuk mengikat tas Anda ke tempat tidur atau benda berat lainnya," katanya.

Bila menginap untuk liburan, tamu mungkin berencana menghabiskan sebagian besar waktunya di luar kamar. Ia menyarankan untuk memasang tanda 'Don't Disturb' atau Jangan Ganggu di gagang pintu saat tamu pergi untuk menciptakan ilusi seolah tamu berada di dalam kamar.

Staf hotel tidak akan memasuki ruangan dengan tanda Jangan Ganggu dan pencurian dapat dicegah. Di sebagian besar hotel, tanda Jangan Ganggu juga dapat ditemukan tergantung di bagian dalam pintu hotel.

Kemudian, Brian juga menyarankan untuk hati-hati menggunakan Wi-Fi hotel. "Hindari melakukan transaksi, memasukkan kata sandi atau membuka informasi aman saat terhubung ke Wi-Fi hotel. Pastikan Anda terhubung ke jaringan hotel dan bukan jaringan palsu dengan nama serupa," katanya.

Jaringan hotel dapat dengan mudah diretas, jadi sebaiknya hindari interaksi sensitif saat menggunakannya. Penipu juga dapat mencoba menyalin nama Wi-Fi hotel untuk mengelabui tamu, jadi berhati-hatilah untuk masuk ke Wi-Fi yang benar.



Simak Video "Detik-detik Tamu Hotel Mewah di China Ngamuk, Tabrakkan Mobil ke Lobi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA