detiktravel

Palembang Sport And Convention Center (PSCC), Saksi Bisu Sea Games 2011

Adrian Fajriansyah - d'Traveler - Jum'at, 16/12/2011 14:22:00 WIB
detikTravel Community -  

 

Tidak terasa Sea Games 2011 yang akan berlangsung di Palembang tinggal 100 hari lagi.  Palembang sebagai salah satu kota penyelenggara bersama Jakarta mulai berbenah mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah yang baik. Kesempatan menjadi tuan rumah Sea Games untuk pertama kalinya ini tidak sia-siakan oleh pemerintah kota Palembang. Salah satu bukti bahwa Palembang memang serius dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik adalah dibangunnya berbagai sarana dan prasarana olahraga baru di kota ini selain itu sarana olahraga yang telah ada sebelumnya direnovasi kembali menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Salah satu venue yang baru saja direnovasi adalah arena olah raga atau sport hall di kawasan kampus Palembang yang pertama kali dibangun untuk mengadakan POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) pada tahun 80-an.  

Sungguh luar biasa renovasi yang dilakukan pada gedung tua ini. Dahulu kesan tua begitu terasa pada gedung olahraga ini, cat yang memudar, ruangan di dalam gedung yang remang-remang karena lampu penerangan yang jauh dari standar kemudian tempat duduk yang kotor dan jorok sekarang semuanya hilang tidak terlihat lagi. Gedung olahraga yang lebih dikenal oleh orang Palembang dengan nama sport hall sekarang telah berubah 360 derajat. Kesan modern itulah yang tampak pada gedung ini sekarang, desain eksterior yang modern telihat dari dinding gedung yang dilapisi dengan fiber berwarna menarik kemudian di bagian interior semuanya tertata rapi, terang dan dingin layaknya sebuah mall menambah kesan mewah dari tempat ini. Selain itu, fasilitas yang ada di dalam tempat ini juga telah jauh berubah dari 5 bulan yang lalu, semuanya telah disulap menjadi mewah tidak ada lagi toilet jorok dan bau, tidak ada lagi tempat duduk penonton yang kotor dan tidak ada lagi bagian gedung yang remang-remang sekarang yang ada adalah toilet modern dengan fasilitas yang mewah selayaknya toilet di hotel berbintang, tempat duduk pun sekarang bersih dan modern dengan single seat untuk setiap penonton dan lampu penerangan ada di tiap sudut bagian gedung menjadikan tempat ini terang benerang.  Satu lagi yang membuat gedung ini menjadi semakin mewah adalah fasilitas pendingin ruangan (Air Conditioner) yang ada di dalam gedung ini menjadikan tempat ini menjadi semakin nyaman seperti tempat perbelanjaan modern yang banyak terdapat di kota-kota besar oleh karena itulah sekarang sport hall telah berganti nama menjadi Palembang Sport And Convensition Center guna menyesuaikan dengan fasilitas modern yang telah ada. 

Palembang sekarang patut berbanga karena telah memiliki salah satu gedung olahraga terbaik yang ada di Indonesia, setidaknya Palembang Sport And Convention Center bisa disejajarkan dengan Istora Senayan dan Britama Arena di Jakarta atau DBL Arena di Surabaya.

Namun, ada sedikit rasa miris di hati saat melihat salah satu sudut dari tempat ini yaitu daerah danau buatan yang digunakan sebagai daerah resapan air sekarang ukurannya jauh menyusut dibandingankan dahulu karena terjadinya penimbunan untuk kelak dibangun hotel dan mall disisi gedung olahraga ini.  Mau bagaimana lagi inilah harga yang harus dibayar dari sebuah moderenisasi yaitu kehilangan daerah hijau karena harus tergusur oleh gedung modern. Semoga penimbunan sebagian dari danau ini kelak tidak merusak fungsi dari danau tersebut sebagai daerah resapan air dan juga tetap menjadi tempat indah dan hijau seperti sediah kalah, bagaimana caranya itu harus pikirkan oleh pihak-pihak yang bertanggungjawab dalam proyek tersebut, sebagai rakyat biasa kami hanya bisa berharap saja.

Asian Men's Club Volley Championship 2011

Guna menyambut perhelatan Sea Games 2011 di Palembang maka diadakanlah sebuah kejuaraan voli klub se Asia di Palembang yang bertajup Asian Men's Club Volley Championship 2011 bertempat di Palembang Sport And Convention Center.  Selain sebagai ajang pemanasan untuk kota Palembang dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Sea Games 2011 ajang ini juga digunakan sebagai test atau uji coba venue yang baru direnovasi untuk dijadikan sebagai salah satu tempat yang akan dipakai dalam ajang multi even Sea Games 2011.  

Dari kejuaraan voli klub se Asia ini Tim Indonesia yang diwakili oleh Klub Bank Sumsel Babel (Juara Pro Liga 2011) hanya menempati posisi 6 dari 12 peserta yang ikut dalam kejuaraan ini karena pada pertandingan terakhir kalah dari Tim Thailand yang diwakili oleh Klub Chang. Sedangkan juara dalam kejuaraan ini adalah Tim Iran yang diwakili oleh Klub Paykan setelah mengalahkan Tim Kazakhstan, Tim Iran sendiri merupakan juara bertahan dalam kejuraan ini.

Sedangkan Tim Jepang yang diwakili oleh Klub Blazzer harus puas menempati posisi ke-4 karena kalah dari Cina pada pertandingan terakhir. Namun, ada sebuah keteladanan yang benar-benar patut ditiru dari tim dari Jepang ini. Sebuah spirit yang sangat luar biasa adalah nilai positif yang ditularkan oleh orang-orang dari Jepang ini ke semua orang yang menyaksikan mereka.  Orang Jepang pantas menjadi raksasa Asia bahkan dunia walaupun Negara ini sempat porak-poranda karena perang dunia ke-2 maupun akibat bencana alam yang sering menerjang negara ini. Semangat yang membara, rajin, disiplin, sopan santun, dan pantang menyerah sifat yang melekat hampir disemua sendi kehidupan orang Jepang menjadikan mereka pantas menjadi bangsa yang terhormat yang disegani oleh semua bangsa di Asia maupun dunia.

Sifat-sifat dasar yang positif itu juga yang mereka tularkan dalam kejuaraan voli klub Asia di Palembang, semangat mereka, hormat mereka kepada para penonton yang menyaksikan dan sifat pantang menyerah mereka saat pertandingan sampai titik darah penghabisan membuat para penonton yang menyaksikan aksi mereka menjadi sangat takjup dan mengangkat topi kepada meraka walaupun pada akhirnya mereka tidak menjadi juara tapi perjuangan mereka sampai titik darah penghabisan menjadikan mereka (Tim Jepang)  adalah juara tanpa mahkota, merekalah juara sejati pada kejuaraan ini.

 Tips dan Trik Ke Palembang Sport dan Convention Center (PSCC)

PSCC terletak di kawasan kampus Palembang yang merupakan jantung atau pusat kota Palembang sehingga tidak sulit bagi anda yang ingin melihat-lihat atau penasaran bagaimana bentuk dari gedung yang dahulu bernama sport hall ini sekarang.  Letak PSCC bersebelahan dengan hotel Horison, gedung MPR/DPR lama, juga bersebelahan dengan stadion madya Bumi Sriwijaya yang berdekatan dengan kawasan Mall Palembang Squere sehingga sangat mudah untuk menemukan PSCC. Adapun tips dan trik ke sana adalah:

  1. Jalur transportasi yang bisa digunakan untuk menuju ke kawasan PSCC adalah bisa menggunakan angkot dengan rute Pakjo–Ampera dengan biaya Rp2.500,- atau bagi Anda dari kawasan perumnas bisa menggunakan angkot dengan rute Prumnas-Ampera dengan biaya Rp2.500,-. Jika Anda ingin menggunakan kedaraan umum yang lebih nyaman dan ber-AC bisa menggunakan Bus Transmusi dengan rute Plaju–PS dengan biaya Rp3.000,-.
  2. Saat berada di kawasan PSCC atau berada di dalam PSCC perlu diperhatikan jagalah kebersihan, buang sampah pada tempatnya dan rawatlah fasilitas yang ada di dalam gedung olahraga tersebut karena kasihan apabila fasilitas mewah yang dibuat dengan biaya mahal dan baru tersebut  harus rusak dan kotor seperti dahulu karena semua itu adalah untuk kebaikan kita semua.
  3. Tidak usah takut kelaparan di kawasan PSCC karena disekitarnya banyak terdapat penjual nasi goreng dan tempat makan lesehan yang menyajikan makanan dengan harga terjangkau dan enak.
  4. Berhati-hatilah dengan segala macam kemungkinan tindak kriminal karena kejahatan selalu hadir bila ada kesempatan.

 

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com