Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 12:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Berendam Air Hangat di Curug Jodo Sari Ater Subang

Kolam Taman
Kolam Taman
Curug Jodo
Curug Jodo
Pancuran 7
Pancuran 7
Denah
Denah
Tiket masuk
Tiket masuk
detikTravel Community -

Sari Ater atau biasa disebut Ciater adalah kawasan pemandian air panas yang dikelola Pemda. Manfaat berendam air hangat alami adalah untuk relaksasi.

Di Jawa Barat, terdapat satu pemandian air panas bernama Sari Ater. Berada di Kabupaten Subang, berjarak sekitar 1 jam dari Lembang. Yang bikin kagum adalah air panas di setiap sungainya itu jernih sekali.

Meski berasal dari sumber mata air di Pegunungan Tangkuban Perahu, tapi tidak ada aroma belerang sama sekali. Namun saya yakin, kualitas air dan manfaatnya tidak dapat diremehkan. Dengan menetapkan 2 macam HTM, kita bisa memilih untuk berendam di area sungai saja dengan membayar 40 ribu atau boleh bermain di sungai sekaligus masuk ke privat pool dengan menebus tiket seharga 60 ribu.

Ketika tiket sudah di tangan, rasanya tak sabar untuk segera bermain air di dalamnya. Di area utama ini ada tiga sungai yang sepertinya jadi tempat favorit pengunjung untuk berendam.

Yang pertama kita jumpai adalah Pancuran tujuh. Sesuai namanya, disini ada 7 pancuran berjejer. Hanya saja di sini tidak bisa untuk berendam, karena ini bukan kolam lebar melainkan aliran air yang mengalir ke Curug Jodo di bawahnya.

Kemudian kolam Curug Jodo yang punya lanskap tebing rendah tapi lebar dengan air mengalir di sekitarnya. Kolam ini agak lebih luas dan biasanya untuk spot foto dengan latar belakang tulisan Curug Jodo.

Di sini, tempat paling favorit pengunjung untuk berendam sekaligus berswafoto. Dan satu lagi tepat di bawahnya yang paling luas berbentuk taman dengan sebuah pancuran tinggi. Pancuran ini sering digunakan pengunjung untuk pijat badan alamiah.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Sari Ater di antaranya, toilet dan kamar ganti yang tidak hanya bersih tapi juga dengan jumlah yang memadai. Kemudian, musholla juga jadi item penting yang harus disediakan pengelola. Selanjutnya, ada Food court dengan makanan bersih dan harga wajar.

Lalu, ada wahana permainan anak hingga pondokan dan tikar yang sudah disediakan. Selain itu, ada ruang meeting dan aula bernama Dayang Sumbi, Sport Activity Area untuk aktivitas outbound, toko suvenir, area parkir yang luas hingga hotel dan resort.

Dengan fasilitas demikian lengkap dan pengelolaan yang apik, menjadikan tempat ini sepertinya tak pernah kehabisan pengunjung. Nah, kalau penat dengan aktivitas sehari-hari yang padat, boleh dicoba berendam air hangat disini. Jangan lupa tetap jaga prokes dan jangan buang sampah sembarangan, ya.

---

Artikel ini ditulis oleh pembaca detik Travel, Tri Suci Agus Susanti. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini

BERITA TERKAIT
BACA JUGA