Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Nov 2021 19:42 WIB

D'TRAVELERS STORIES

6 Destinasi Wisata di Flores Barat yang Wajib Dikunjungi

Widya Pangesti
d'Traveler
Pulau kelor. Sumber Dokumen pribadi.
Pulau kelor. Sumber Dokumen pribadi.
Pantai pink. Sumber Dokumen pribadi.
Pantai pink. Sumber Dokumen pribadi.
Bukit stoberi. Sumber Dokumen pribadi.
Bukit stoberi. Sumber Dokumen pribadi.
Pulau Padar. Sumber Dokumen pribadi.
Pulau Padar. Sumber Dokumen pribadi.
detikTravel Community -

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan komodo bukan? Hewan purba tersebut menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Flores.

Tahukah kamu, Flores juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dari Komodo loh! Flores barat adalah lokasi yang sangat tepat untuk menyegarkan pikiran bagi kamu yang sedang jenuh akan masalah kehidupan. Untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, kamu dapat menjangkaunya melalui jalur udara menggunakan pesawat komersial dan juga jalur laut menggunakan kapal wisata.

Jalur penerbangan yang populer untuk mengunjungi Flores Barat adalah Bandar Udara Labuan Bajo, yang terletak di Labuan Bajo. Berikut adalah daftar enam destinasi wisata di Flores Barat yang dapat memanjakan mata:

1. Pulau Kelor

Pulau yang dinamai mirip dengan daun kelor ini memiliki air laut yang jernih serta ombak yang tenang mampu membuat kamu takjub akan keindahannya, apalagi jika kamu melihat pemandangan dari atas bukit. Bukit yang terdapat dipulau kelor dapat didaki dalam waktu 10 menit, dengan medan sedikit terjal.

Di atas bukit kamu dapat berfoto – foto sambil menikmati panorama pulau – pulau yang ada di sekitarnya. Setelah menuruni bukit, pengunjung dapat meliat - lihat pedagang yang menjual buah tangan khas Flores Barat, yaitu mutiara, dan pajangan berbentuk hewan Komodo. Untuk melepas dahaga usai mendaki, kamu dapat membeli air kelapa yang dijual di sana.

2. Bukit Stoberi

Keunikan alam Flores memang tidak ada habisnya, salah satunya adalah bukit stoberi atau strawberry rock. Bukit yang memiliki warna merah muda ini sengaja diberi nama stoberi karena warnanya yang mirip dengan buah stoberi.

Bagi kamu yang suka dengan wisata alam yang masih belum tersentuh pembangunan, ini adalah destinasi yang dapat dimasukkan ke dalam bucket list. Kamu dapat sampai ke puncak bukit dalam waktu yang singkat yaitu 5 menit dengan medan yang terjal.

Walaupun memiliki medan yang terjal, bukit ini memiliki track yang pendek. Sesampainya di atas, pengunjung disambut dengan keindahan gugusan perbukitan dan laut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah saat sunset. Uniknya, Bukit Stoberi ini dikelilingi oleh pepohonan bakau loh!

3. Pulau Padar

Bagi kamu yang ingin melakukan tracking namun masih pemula, Pulau Padar adalah solusinya! Pulau yang terdapat di dalam uang pecahan lima puluh ribu rupiah ini sangat cocok bagi pemula, karena jalur trackingnya yang sudah dibangun ratusan anak tangga.

Pulau Padar memiliki tiga pos sebelum mencapai puncak, masing-masing pos terdapat staf yang berjaga. Staf di setiap pos akan menjelaskan mengenai Pulau Padar dan siap sedia jika terdapat pengunjung yang membutuhkan bantuan.

Dari puncak, pengunjung dapat menikmati tiga pantai dengan pasir yang berbeda-beda, yaitu pantai pasir putih, merah muda, dan hitam. Di pos kedua pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Pulau Padar.

Jika kamu beruntung, kamu akan melihat rusa yang berlari-larian. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Padar adalah saat sunrise hingga sebelum pukul 12 siang, atau waktu sunset. Sebelum mendaki pulau ini, alangkah baiknya makan terlebih dahulu ya!

4. Pink Beach

Pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Komodo ini memiliki warna pasir yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Warna pink yang menghiasi pantai diperoleh dari terumbu karang berwarna pink yang hancur menjadi serpihan dan dibawa oleh ombak menuju pesisir pantai.

Hancurnya terumbu karang tersebut memakan waktu yang cukup lama hingga menjadi pasir berwarna pink yang dapat dinikmati pada masa kini. Bukan hanya warna pasirnya yang menjadi daya tarik wisatawan, namun jernihnya air dan beragam biota lautnya juga mampu menyihir wisatawan.

Banyak sekali jenis biota laut yang terdapat di Pink Beach, seperti gugusan rumput laut, berbagai jenis terumbu karang, anemon dan ikan, bahkan kamu bisa menemukan nemo loh! Jangan khawatir, biota laut di pantai ini masih terjaga keasriannya kok.

Arus laut di pesisir pantai sedikit tenang, namun harus berhati-hati jika kamu sudah lepas dari pesisir pantai. Barang-barang yang dapat kamu persiapkan sebelum mengunjungi pantai ini adalah peralatan snorkel, go pro, baju renang, dan sunblock.

5. Taka Makassar

Kamu enggak salah baca kok, pulau ini memang memakai nama kota Makassar, namun lokasinya enggak di Makassar, melainkan di Flores. Sama seperti Pink Beach, pulau bulan sabit ini memiliki hamparan pasir berwarna putih bercampur warna pink yang berasal dari kepingan terumbu karang yang sudah hancur.

Pulau yang berukuran kecil ini dapat dinikmati keindahannya melalui go pro, kamu dapat melihat dengan jelas bentuk bulan sabit dari ketinggian. Pulau tak berpenghuni ini memiliki tiang bendera merah putih loh! Fotonya dapat kamu abadikan dan unggah saat hari kemerdekaan.

Untuk menjangkaunya, kamu dapat menggunakan perahu kecil yang disandarkan di pesisir. Di sekitar pulau ini, terdapat ikan pari manta yang dapat kamu lihat saat melakukan penyelaman. Waktu terbaik untuk mengunjungi Taka Makassar adalah saat sunset. Mulai jam empat sore kamu dapat menghasilkan foto – foto berlatar belakang siluet perbukitan.

6. Kanawa Island

Pulau yang berlokasi di Flores Barat ini memiliki pesona perbukitan sabana, dan pasir putih yang sangat khas. Pulau Kanawa dikelola oleh warga setempat.

Untuk mengunjunginya, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 50.000. Terdapat berbagai aktivitas yang dapat kamu lakukan disini, seperti snorkel dan diving, bermain ayunan, dan berswafoto. Uniknya, pengunjung dapat memberi makan ikan – ikan menggunakan makanan seperti roti.

Jangan khawatir, ikan-ikan di Kanawa sudah jinak kok. Selain ikan, Kanawa juga menyimpan segudang biota laut lainnya, seperti terumbu karang berwarna warni, anemon laut, rumput laut, bulu babi, dan bintang laut.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA