Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Nov 2021 21:19 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menikmati Panorama Lembang dari Gunung Putri

Asih Ati
d'Traveler
Berkemah di Gunung Putri
Berkemah di Gunung Putri
Pemandangan Gunung Putri
Pemandangan Gunung Putri
detikTravel Community -

Siapa yang tidak tahu kawasan Lembang, salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak tempat destinasi wisata. Lembang memang sudah sangat dikenal memiliki tempat-tempat yang menakjubkan.

Kondisi alam yang berada di dataran tinggi serta memiliki cuaca sejuk menjadi alasan lembang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan local maupun luar. Salah satu yang menjadi andalan tempat wisata di Lembang adalah Gunung Putri.

Lokasi Gunung Putri

Sesuai dengan namanya Gunung Putri ini beralamat di Jl. Gunung Putri No. 184 Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasi Gunung Putri cukup strategis, transportasi yang digunakan bisa dengan menggunakan motor atau mobil pribadi.

Jika ingin naik kendaraan umum kita bisa menggunakan transportasi seperti angkot yakni dengan menyewa angkot berwarna kuning jurusan cikole dari pasar lembang biasanya tarif angkot hanya berkisar Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja.

Untuk mendaki Gunung Putri tidaklah terlalu sulit, Gunung Putri memiliki ketinggian sekitar 1.587 Mdpl dengan trek yang terbilang cukup mudah bagi pendaki pemula untuk sampai di puncaknya diperlukan sekitar 30 hingga 45 menit perjalanan.

Jalur yang dilalui pendaki memang cukup menanjak namun medan yang dilalui sangatlah bersahabat mengingat bahwa kawasan Gunung Putri merupakan Kawasan perkebunan warga tentu jalur yang dilalui adalah jalur yang telah banyak digunakan warga untuk melintas menuju perkebunannya sehingga selama perjalanan pendaki akan disuguhkan area perkebunan sayur dan berbagai macam tumbuhan yang ditanami warga.

Gunung Putri merupakan destinasi wisata yang terbilang cukup murah, Bagi pengunjung yang penasaran dan hanya ingin merasakan sensasi hikingnya maka harga tiket yang dikeluarkan sebesar Rp 10 ribu saja sedangkan bagi yang berminat untuk berkemah maka dikenakan biaya sekitar Rp 22 ribu. Biaya tersebut mungkin bisa berubah di lain waktu.

Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir, untuk parkir motor biasanya dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu - Rp 10 ribu, sedangkan mobil dikenakan biaya Rp 10 ribu - Rp 20 ribu.

Sampai di Gunung Putri kita akan disuguhkan dengan pemandangan pohon-pohon pinus yang tumbuh menghiasi kawasan serta pemandangan desa dan hijaunya perkembunan warga yang menambah kesan asri.

Di puncak Gunung Putri terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Sespim yang menjadi tanda bahwa kita telah sampai di puncak tertinggi Gunung Putri. Selain itu barisan bukit yang mengelilingi kawasan Lembang khususnya area Gunung Putri menjadi daya tarik yang tak kalah menakjubkan.

Di puncak ini kita pun dapat melihat keindahan gunung-gunung lain seperti Gunung Tangkuban Parahu, gunung Rakutak dan gunung Burangrang.

Berada di dataran tinggi tentu saja cuaca di Gunung putri seringkali terasa begitu dingin meskipun demikian kegiatan berkemah menjadi aktivitas yang banyak digemari para pengunjung.

Setiap pendaki dapat membawa peralatan kemah secara pribadi seperti tenda peralatan makan dan lain sebagainya, selain itu kita dapat memasang hammock di antara pepohonan pinus sekedar untuk bersantai dan menikmati panorama Lembang.

Fenomena alam menjadi nilai plus yang menarik bagi setiap pendaki di Gunung Putri kita dapat melihat keindahan city light yang terjadi di malam yaitu pertunjukan lampu-lampu yang bersinar dari rumah-rumah warga dan hal yang paling banyak ditunggu adalah fenomena matahari tenggelam (sunset) di sore hari dan matahari terbit (sunrise) saat pagi tiba.

Untuk fasilitas seperti MCK dan keamanan tak perlu khawatir Perum Perhutani RPH Lembang selaku pengelola Gunung Putri telah bekerja sama dengan karang taruna dalam merawat, dan menjaga area perkemahan Gunung Putri.

Penginapan Gunung Putri

Bagi pengunjung yang hendak mencari penginapan, jangan khawatir kawasan Gunung Putri memiliki banyak fasilitas penginapan seperti vila bahkan hotel putri, antara lain villa dengan harga sewa yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 200-300 ribu dan yang cukup terkenal adalah Puteri Gunung Hotel yang memiliki beragam fasilitas pilihan rekreasi alamatnya berada di Jalan Raya Tangkuban Parahu KM 16-17 yang berjarak sekitar 1,54 km dari jalan gunung putri tarif di hotel tersebut berkisar antara Rp 400 ribu sampai Rp 650 ribu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA