Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Mei 2018 17:32 WIB

DESTINATIONS

5 Tempat Ngabuburit Bernuansa Religi di Palembang

Raja Adil Siregar
Redaksi Travel
Foto: (Raja Adil/ detikTravel)
Foto: (Raja Adil/ detikTravel)
Palembang - Ngabuburit ke destinasi religi? Kenapa tidak, apalagi ngabuburitnya di Palembang. Yuk, kunjungi destinasi ini menjelang waktu berbuka.

Wisata religi menjadi salah satu pilihan traveler saat berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan. Ada beberapa destinasi wisata yang tercatat, serta cocok untuk ngabuburit saat bulan suci Ramadan.

Dirangkum detikTravel, Rabu (23/5/2018) traveler bisa berkunjung ke Al Quran Raksasa Al Akbar hingga ke Kampung Al Munawar, semua tersedia di kota ini dan dapat dijangkau saat traveler ngbuburit. Ini 5 tempat yang bisa traveler kunjungi saat ngabuburit di Kota Palembang:

1. Al Quran Raksasa Al Akbar

Al Quran raksasa di Ponpes Palembang (Raja Adil Siregar/detikTravel)Al Quran raksasa di Ponpes Palembang (Raja Adil Siregar/detikTravel)

Al Quran ini dipahat di permukaan kayu tembesu berukuran panjang 177 cm dan lebar 140 cm dan memiliki ketebalan kayu ukir hingga 2,5 cm. Bahkan Al Quraan ini disebut sebagai yang terbesar di dunia.

Tidak hanya terbesar, Al Quran raksasa ini pun menjadi destinasi utama wisatawan yang datang ke Kota Pempek. Terutama saat bulan suci Ramadan dan dilakukan perbaikan akses jalan menuju ke lokasi.

"Akses jalan kan sudah bagus, sekarang Al Quran raksasa itu menjadi destinasi di Palembang saat wisatawan datang. Ada nilai-nilai sejarah dan nilai agama yang dapat diambil saat berkunjung ke sana," kata Kadisbudpar Sumsel, Irene C Sinaga kepada detikTravel, Rabu (23/5/2018).

2. Masjid Agung

(Irwan Reza Pahlevi/d'Traveler)(Irwan Reza Pahlevi/d'Traveler)


Masjid tertua di Palembang ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I pada Abad ke 17. Selain tertua, Masjid Agung juga lokasinya sangat strategis karena berada di tengah kota dan berdekatan dengan Jembatan Ampera.

Sangat cocok bukan untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga. Selain waktu semakin tidak terasa, traveler juga dapat menambah wawasan sejarah, ilmu agama dan pahala tentunya.

3. Kampung Al Munawar

Kampung Al Munawar lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan kampung Arab. Lokasinya berada di 13 Ulu Kota Palembang dan tepat berada di tepian Sungai Musi.

Selain destinasi wisata religi unggulan, kampung yang banyak dihuni keturunan Arab Saudi dan Yaman ini juga terkenal dengan atraksi irama gambus, kopi cap sendok dan nasi minyak.

"Untuk Kampung Al Munawar memang menjadi destinasi wisata religi pilihan ke dua di Palembang. Banyak wisatawan datang itu satu paket, dari Al Quran Raksasa wisatawan pasti akan menuju kampung Arab," kata Irene.

4. Masjid Ki Marogan

Dibangun pada tahun 1870 dan terletak di tepian sungai dengan bangunan yang heritage. Di masjid ini terdapat makam Ki Marogan, salah satu ulama yang saat ini masih banyak dikunjungi peziarah dari dalam dan luar negeri.

Selain ngabuburit, tentunya wisatawan dapat belajar sejarah para ulama dan para penyebar ajaran agama Islam di Bumi Sriwijaya.

5. Asrama Haji

Asrama ini memiliki mock up pesawat Garuda yang dipakai untuk pusat latihan calon jemaah umroh dan haji. Di masjid ini juga terdapat Kabah dan Sai sesuai dengan ukuran yang sebenarnya.

Asrama Haji juga baru saja diresmikan beberapa bulan yang lalu oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. Kini Asrama Haji menjadi salah satu destinasi wisata religi saat bulan suci Ramadan. Bahkan banyak wisatawan yang datang dan ngabuburit khusus untuk melihat Kabah. (sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED