Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 13 Agu 2015 18:05 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Seru di Jailolo, Becak Motor Full Music

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Becak motor Jailolo atau disingkat bentor (indonesia.travel)
Becak motor Jailolo atau disingkat bentor (indonesia.travel)
Jailolo - Traveling ke Jailolo di Maluku Utara, traveler akan dikejutkan dengan penampakan becak motor atau biasa disingkat bentor. Transportasi khas Jailolo itu juga dilengkapi dengan musik layaknya tempat disko bergerak. Heboh!

Salah satu ciri khas kota di bagian Timur Indonesia dapat dijumpai dari angkutan umumnya yang heboh dan mencolok. Menurut situs resmi pariwisata Indonesia, Kamis (13/5/2015) bentor di Jailolo pun tidak kalah gemerlap dan heboh.

Sedikit berbeda dengan becak tradisional yang umumnya dapat dijumpai di Pulau Jawa. Becak motor atau bentor di Jailolo didorong oleh motor yang dimodif sedemikian rupa. Selain lebih keren, becaknya juga dicat warna-warni dan dilengkapi dengan musik dan speaker ala tempat disko.

Sejarahnya, kreasi bentor Jailolo dimulai pertama kali pada tahun 2010. Semenjak saat itu, bentor semakin populer dan diminati oleh masyarakat dan turis sebagai salah satu transportasi umum. Bentor dapat mengangkut antara dua hingga tiga orang sekali jalan.

Adapun ciri khas utamanya terletak pada suara musiknya yang seringkali disetel maksimal. Lagu yang diputar bervariasi dari lagu dangdut koplo, lokal, sampai barat. Dari jauh saja traveler bisa tahu keberadaannya tanpa perlu melihat, cukup mendengar suaranya saja.

Di malam hari, bentor Jailolo menjelma menjadi bola disko yang warna-warni. Soalnya setiap bentor dilengkapi dengan lebih dari satu lampu, membuatnya menyala warna-warni layaknya bola disko. Tentu saja masih dengan musik yang disetel kencang dan sedikit bikin tuli telinga. Tapi justru itu ciri khasnya.

Dari segi tarif, ongkos bentor Jailolo bervariasi dari 5-20 ribu rupiah tergantung jarak yang dilalui. Traveler juga bisa menyewa bentor seharian untuk keliling kota. Tapi usahakan untuk negosiasi harga dulu dengan sang pengemudi agar tidak kaget di akhir. Harus coba naik bentor kalau ke Jailolo. Dijamin bikin goyang!

(rdy/Aditya Fajar Indrawan)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Mari Kita Jaga Badak Jawa

Jumat, 22 Sep 2017 18:50 WIB

Bertepatan dengan Hari Badak Sedunia, Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) mengajak semua pihak peduli keberadaan badak Jawa. Yuk!