Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Nov 2015 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kamar Pembunuhan Pelukis Basuki Abdullah

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kamar tempat dibunuhnya pelukis Basoeki Abdullah (Wahyu/detikTravel)
Kamar tempat dibunuhnya pelukis Basoeki Abdullah (Wahyu/detikTravel)
Jakarta - Pelukis kenamaan Indonesia, Basoeki Abdullah meninggal secara tragis dengan cara dibunuh. Traveler yang datang ke museumnya, bisa melihat kamar lokasi pembunuhan sang maestro.

Sebuah museum di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan menyimpan kisah tragis tentang pembunuhan pemiliknya. Museum Basoeki Abdullah yang terletak di Jl Keuangan Raya No 19 Cilandak Barat, Jaksel ini dulunya adalah kediaman pribadi Basoeki Abdullah. Rumah ini menjadi saksi saat pelukis terkenal itu harus meninggal dengan cara dibunuh.

"Di kamar inilah, Pak Basuki (Basoeki Abdullah - red) dibunuh. Pembunuhnya masuk ke kamar mau mencuri, tetapi ketahuan. Pak Basuki lalu dipukul pakai popor senapan miliknya sendiri dan akhirnya meninggal di sini," tutur Fadhil, pemandu yang menemani detikTravel berkeliling museum ini beberapa waktu yang lalu.

Peristiwa tragis tersebut terjadi pada tanggal 5 November 1993. Basoeki Abdullah pun wafat pada usia 78 tahun. Meskipun sudah wafat, tetapi karya-karya lukisan Basoeki Abdullah akan tetap abadi di mata para penikmat seni Indonesia.

Traveler bisa mengenang karya besar Basoeki Abdullah dengan cara mengunjungi museumnya. Karya-karya Basoeki dipajang di ruang galeri di lantai 2 museum. Sementara koleksi memorabilia sepanjang Pak Basoeki masih hidup dipamerkan di lantai 1.

Traveler juga masih bisa melihat kamar dimana Pak Basoeki wafat di lantai 1. Tetapi pengunjung tidak bisa masuk hingga ke dalam, karena ada pembatasnya. Kamar tersebut masih dijaga keasliannya hingga sekarang. Begitu pula dengan ruang tamu, dan ruangan lainnya di museum yang dulunya kediaman pribadi Pak Basoeki ini.

Museum Basoeki Abdullah buka setiap hari, kecuali hari Senin dan hari libur nasional. Jam bukanya dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB di hari Selasa-Jumat, kemudian 09.00-15.00 WIB di weekend. Harga tiketnya pun cukup murah, hanya Rp 2.000 saja.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED