Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Nov 2015 18:59 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

4 Festival Untuk Mengenal Budaya Lampung Lebih Dekat

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Sekura, topeng unik khas Lampung Barat (Yopie Pangkey/d'Traveler)
Sekura, topeng unik khas Lampung Barat (Yopie Pangkey/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Pesona Wisata Lampung
Bandar Lampung - Lampung punya budaya yang menarik untuk dikenal wisatawan. Ada 4 festival tahunan yang mesti didatangi karena menampilkan kebudayaan khas Lampung.

Tak hanya 1, melainkan 4 festival tahunan sekaligus yang terhitung sukses mendatangkan ratusan traveler ketika diselenggarakan. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (12/11/2015), berikut 4 festival di Lampung yang bisa traveler kunjungi:

1. Festival Krakatau


(Monique/detikTravel)

Festival pertama yang bisa traveler ikuti di Lampung adalah Festival Krakatau. Pagelaran tahunan ini digelar memang untuk mempromosikan pariwisata di provinsi yang terkenal dengan keripik pisang aneka rasanya itu. Terakhir, Festival Krakatau 2015 telah digelar pada 23-30 Agustus silam.

Agenda utama dalam festival ini tentu saja tur ke Gunung Anak Krakatau yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Selain itu, masih ada Pesta Pantai yang digelar di beberapa pantai cantik di Lampung yaitu Pulau Tangkil dan Pantai Mutun, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Acara serunya antara lain lomba foto bawah air, snorkeling ramean, fun swimming, lomba mancing dengan layang-layang, food festival, dan coffee festival.

Ada juga acara lomba baca puisi yang digelar di Pasar Seni Enggal Bandar Lampung. Traveler bisa mengenal karya sastra Lampung lebih dekat di acara ini. Terakhir, ada Lampung Culture & Tapis Carnival yang begitu menarik karena akan ada parade dengan kostum-kostum unik yang menampilkan budaya Lampung.

2. Lampung Fair


(dok Disaprekraf Lampung)

Perhelatan kedua yang bisa diikuti traveler di Lampung tentu saja Lampung Fair. Acara tahun ini sudah digelar pada 5-20 September 2015 yang lalu. Acara ini digelar guna untuk meningkatkan gerakan roda ekonomi kreatif masyarakat Lampung agar makin produktif.

Setiap industri kreatif dan instansi dinas di Lampung membuka stand yang bisa dikunjungi agar traveler tahu bentuk kreasi yang dihasilkan oleh masyarakat Lampung. Total ada sekitar 129 stand yang didirikan selama Lampung Fair berlangsung. Ada juga pawai kendaraan hias serta pemberian gelar stan d terbaik, dan juga acara hiburan dari artis ibukota. Dijamin seru!

3. Lampung Fashion Week


(lampungprov.go.id)

Ajang selanjutnya untuk traveler yang ke Lampung adalah Lampung Fashion Week. Pagelaran busana etnik khas Lampung ini digelar pada 6 September 2015 silam. Pagelaran tersebut digelar di Atrium lantai 2 Mall Boemi Kedaton, Bandar Lampung.

Acara tersebut diinisiasi oleh Komunitas etnik Lampung untuk lebih mengangkat budaya luhur Lampung yang begitu unik. Selain itu, ajang ini menjadi pembuktian bagi desainer-desainer berkualitas dari Lampung.

Gelaran ini diikuti oleh 23 desainer lokal dan satu desainer Jakarta. Sedangkan model yang memamerkan karya-karya para desainer ini berjumlah 50 orang. Traveler bisa lebih dekat dengan budaya Lampung dengan meilhat hasil kreasi desainaer lokal di pagelaran Lampung Fashion Week.

4. Festival Danau Ranau


(Yopie Pangkey/d'Traveler)

Terakhir, ada festival tahunan yang tak kalah menarik dengan Festival Krakatau, yaitu Festival Danau Ranau sekitar bulan September. Festival budaya ini dikenal juga dengan nama Gebyar Pesona Lumbok Ranau. Danau Ranau yang merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba memang jadi daya tarik utama di festival ini.

Festival digelar dengan sangat meriah di atas panggung yang biasanya bertempat di tepi Danau Ranau dengan latar belakang Gunung Seminung. Selama festival berlangsung, beragam tarian kreasi khas Lampung yang ekspresif dan energik ditampilkan.

Selain tarian, para traveler juga bisa menikmati aneka lomba, seperti lomba tarik tambang perahu, lomba bakar ikan, lomba perahu hias, hunting foto lanskap dan budaya, dan sajian utama Karnaval Sekura atau topeng khas Lampung Barat. Selama mengikuti festival ini, traveler dijamin akan menjadi lebih dekat dengan budaya Lampung.

(rdy/rdy)

FOKUS BERITA

Pesona Wisata Lampung
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED