Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jul 2016 16:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Seru ke Lokasi Syuting Film, Ini Tipsnya!

Shinta Angriyana
detikTravel
Candi Prambanan lokasi syuting The Philoshoper. (Van Alvin/d'traveler)
Jakarta - Keindahan Indonesia muncul dalam berbagai film nasional dan asing, serta membuat banyak wisatawan ingin datang ke berbagai lokasi syutingnya. Jika ingin traveling ke lokasi syuting, ada tipsnya lho.

Tidak heran, sudut-sudut keindahan Indonesia sering ditemui di berbagai film baik lokal maupun internasional. Selain sebagai hiburan dan media promosi pariwisata, lokasi syuting film yang unik juga dapat menjadi pilihan untuk djelajahi.

Namun, wisata seru ke lokasi syuting film, punya kiat khusus agar terasa maksimal. Kali ini, detikTravel (21/6/2016) akan memberikan beberapa tips liburan berwisata seru ke lokasi syuting film:

1. Cari informasi seputar lokasi film

Sebelum berangkat, carilah beberapa informasi terkait. Selain menambah pengetahuan seputar lokasi yang akan dituju, traveler mungkin akan menemukan beberapa info yang tidak terlalu diketahui oleh banyak orang.

Bisa juga tempat yang akan didatangi memiliki beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan. Jangan sampai keseruan berwisata berkurang hanya karena tidak mempersiapkannya lebih dulu. Cobalah untuk browsing di internet atau sumber-sumber lain seperti testimoni orang yang sudah pernah berkunjung sebelumnya.

2. Menonton filmnya terlebih dahulu

Mengunjungi lokasi syuting film memang akan jauh lebih seru jika menonton filmnya terlebih dahulu. Selain menambah rasa penasaran, traveler juga dapat melihat langsung lokasi yang menjadi tempat adegan-adegan yang terjadi di dalam film.

Selain sudah memiliki gambaran tentang lokasi yang akan dituju, traveler mungkin akan mendapatkan beberapa informasi seperti asal usul tempat atau beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai pengunjung.

3. Mencari lokasi yang menjadi latar adegan keren

Kebanyakan film tidak memiliki latar yang sama. Seorang sutradara pasti memilih berbagai bagian lokasi untuk mengambil adegan yang keren. Carilah sudut-sudutnya di setiap tempat.

Mungkin traveler juga tidak menyangka apabila sebuah adegan diperankan di latar yang aslinya. Seperti misalnya membuat adegan pesta besar, namun realitanya tempat tersebut tidak sebesar seperti yang dilihat di film.

4. Berfoto ala aktor dalam film

Jika berfoto selfie atau berlatar belakang pemandangan sudah biasa, mungkin meniru adegan seperti di film bisa menjadi pilihan. Jika ingin lebih seru, coba saja merekamnya sebagai video untuk kenangan.

Contohnya, jika berwisata ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung di Magelang, berpose di batu granit raksasa seperti dalam film Laskar Pelangi. Menarik bukan?

5. Jangan lupa share foto di media sosial

Jangan hanya simpan foto dan video di kamera atau gadget. Unggah ke media sosial dan sebarkan ke teman-teman atau kerabat. Selain menjadi koleksi di dunia maya, traveler juga dapat membantu promosi keindahan Indonesia.

6. Patuhi aturan yang berlaku dan selalu menjaga kebersihan

Sudah menjadi kewajiban bagi seorang traveler untuk mematuhi peraturan yang berlaku, karena setiap tempat memiliki peraturannya masing-masing. Sebagai contoh, jika berkunjung ke lokasi yang dianggap sakral bagi masyarakat setempat, gunakanlah pakaian yang sopan dan tidak terlalu mencolok.

Kebersihannya juga patut dijaga. Jangan membuang sampah di sembarang tempat dan meninggalkan bekas yang terlihat seperti sisa plastik atau kertas. Tinggalkan saja memori yang indah ketika berwisata.


(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA