Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Apr 2017 17:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Saat Para Yachter Dunia Terpesona Ujung Barat Indonesia

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Foto: dok. SMF
Foto: dok. SMF
Jakarta -
Sabang Marine Festival (SMF) III 2017 mendapat sambutan hangat dari para yachter. Para pelayar dari 20 negara itu mengeksplore spot wisata yang ada di pulau paling ujung Indonesia, Sabang.
Festival ini sudah dimulai sejak Rabu (19/4) kemarin. Pada hari pertama SMF, Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) memboyong 54 yachtist untuk melihat keindahan Marina Lhok Weng.
"Pada hari pertama agenda Sabang Marine kita mulai pukul 14.00 WIB, peserta diajak menuju lokasi Marina Lhok Weng dari dermaga CT 1 BPKS dengan menggunakan beberapa boat yang dikawal oleh Polair dan Custom. Disana mereka disambut dengan tarian kolosal serta hiburan dari berbagai tembang nusantara," ujar Ketua Panitia SMF, Fauzi Umar dalam keterangan resmi kepada detikTravel, Jumat (21/4/2017).
Agenda hari pertama berakhir sampai malam dengan ditutup sajian barbecue. Adapula sajian laut dari perairan Sabang.
Sementara pada kedua, Kamis (20/4), semangat dari yachter untuk melihat destinasi Pulau Weh semakin terasa. Mereka diajak berkeliling city tour serta berbaur dengan masyarakat setempat.
Berbagai tempat yang dikunjungi mulai dari pukul 09.00 WIB. Mereka mengabadikan momen dari kunjungan ke Museum Sabang hingga di ikut berenang di air terjun Pria Laot.
"Hari kedua peserta ikut serta dalam city tour, kita juga melibatkan peserta untuk berbaur bersama warga di sini dan mengunjungi sekolah. Beberapa objek wisata saat city tour kita mulai dari Museum Sabang lalu berlanjut ke Tugu Walikota, Pantai Sumur Tiga, Bunker Jepang Anoi Hitam, Kelok Seribu, Wisata Gunung Berapi Jaboi, lalu makan siang di Gua Sarang hingga kunjungan penutup di air terjun Pria Laot," sebut Fauzi.
Peserta SMF 2017 dari New Zealand, Hilbrand mengaku senang bisa ikut dalam kegiatan city tour. Bagi dia, ini adalah pengalaman yang mengesankan saat mengenal warga setempat.
"Menurut saya city tour ini sangat bagus dan juga sangat bermanfaat terutama untuk mengenal kehidupan di Sabang, terutama penduduknya. Hal yang sangat saya perhatikan salah satunya infrastruktur, seperti jalanan dan bangunan di sini, saya juga memperhatikan bagaimana kehidupan orang-orang di kota Sabang," kata dia.
Ditanya soal perjalanan city tour, yang paling berkesan kata dia seperti museum, air terjun, dan keramahan warga kota. Kearifan lokal dalam menyambut bikin dia terkesima.
"Yap, saya suka air terjun Pria Laot dan juga museum, seperti yang kita lihat tadi, anak-anak sangat antusias dan senang berada di dalamnya, itulah alasan kami suka traveling," jelas Hilbrand.
"Kebahagiaan dan keramah-tamahan penduduknya, lebih baik jika dibandingkan dengan pemandangan indah di Malaysia, Thailand, dan Filipina. Karena kita berbicara tentang masyarakatnya, bagaimana cara mereka memperlakukan tamu dan wisatawan dan penduduk di Sabang memperlakukan tamu dengan sangat baik," ujarnya.
Seperti diketahui, pembukaan SMF 2017 sempat ditunda yang sebelumnya dijadwalkan Rabu (19/4). Permintaan dari Kementerian Pariwisata, karena bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada DKI putaran II pembukaannya digeser menjadi Jumat (21/4) sore ini.
"Sabang Marine Festival secara resmi akan dibuka sore ini, nantinya akan dihadiri juga perwakilan dari Pemerintah Aceh serta Indroyono Soesilo dari Kementerian Pariwisata RI yang juga mantan Menko Maritim serta sejumlah tamu undangan lainnya," sebut Fauzi Umar yang juga Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi BPKS.
Selain pembukaan, agenda SMF dilanjutkan dengan malam kesenian di lokasi yang sama. Pada pembukaan ini akan dimeriahkan oleh musisi lokal, seperti Apache13, Prak Band, Joel Keudah, dan Joel Pasee.
(msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.