Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jul 2017 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Kreatif dari Semarang, Sampah Jadi Spot Foto Cantik

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Limbah botol air mineral jadi instalasi bentuk hati di Basecamp Mawar Gunung Ungaran (Masaul/detikTravel)
Limbah botol air mineral jadi instalasi bentuk hati di Basecamp Mawar Gunung Ungaran (Masaul/detikTravel)
Ungaran - Ide-ide kreatif akan melahirkan hasil yang cantik bila benar-benar diaplikasikan. Para pengurus Basecamp Mawar Ungaran, Kabupaten Semarang melakukannya.

Jika traveler pernah ke Basecamp Mawar Gunung Ungaran akan melihatnya. Terbaru, para pemuda pecinta Gunung Ungaran yang tergabung dalam komunitas Sakpala menggunakan kembali sampah botol air mineral menjadi spot menarik untuk foto.

"Spot foto yang berbentuk hati dari botol-botol air mineral itu dibikin sebelum puasa kemarin, sekitar bulan Mei. Ide awalnya pemanfaatan limbah saja," kata salah satu pengurus Sakpala, Arun, kepada detikTravel dalam sambungan telepon, Senin (3/7/2017).

Memang, pemandangan dari Basecamp Mawar Gunung Ungaran sudah cantik dengan ditambah hawa sejuknya. Apalagi ditambah instalasi hati dari rangkaian botol mineral itu jadi semakin instagramable.

Pemandangan di Basecamp Mawar UngaranPemandangan di Basecamp Mawar Ungaran (Masaul/detikTravel)


"Agenda sebenarnya bukan itu saja. Kita melihat banyaknya sampah air mineral yang dibawa turun para pendaki itu menumpuk. Jadi kita coba obrolin apa yang bisa dibuat dari sampah itu," urai Arun.

Tak hanya instalasi berbentuk hati, di kawasan camping ground Basecamp Mawar Gunung Ungaran ini terdapat pula gua botol. Pembuatannya semata-mata agar bisa dinikmati oleh para pengunjung.

"Karena keterbatasan SDM, kita putuskan bikin yang mudah dalam pembuatannya. Ke depan mau bikin rumah joglo dari botol aqua mineral juga. Itu mencirikan budaya dan identitas Jawa kan," jelas dia.

Berfoto di instalasi hatiBerfoto di instalasi hati (Masaul/detikTravel)


Pemanfaatan sampah yang sulit terurai itu diharapkan dapat menjadi faktor penarik datangnya wisatawan. Berbagai pihak swasta dan masyarakat lokal pun mendukungnya, kecuali pemerintah setempat yang sepertinya belum melirik potensi itu.

Camping ground Basecamp Mawar UngaranCamping ground Basecamp Mawar Ungaran (Masaul/detikTravel)


"Kalau support itu sudah ada dari berbagai kalangan, baik dari relawan, pengelola Umbul Sidomukti. Kalau pemerintah Kabupaten Semarang belum ada," tukas Arun.

Kawasan wisata Basecamp Mawar Gunung Ungaran menjadi favorit dari anak muda hingga orang tua untuk melepas penat. Udara yang segar, hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah dari ketinggian menjadi alasan traveler mengunjunginya.

Jika traveler mengunjungi tempat ini, bisa menikmati beberapa hal selain mendaki Gunung Ungaran. Adapun beberapa aktivitas itu antara lain, menjajal kawasan wisata di Umbul Sidomukti, menikmati pemandangan sambil menyeruput kopi di Pondok Kopi, berkemah di camping ground Basecamp Mawar Gunung Ungaran, bersepeda ekstrem down hill, dan juga paralayang. (msl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED