Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Feb 2018 07:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ingin Belanja Songket Silungkang Seperti Jokowi? Ini Tempatnya

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Foto: Toko Songket Silungkang di Sawahlunto (Johanes Randy/detikTravel)
Sawahlunto -
Dalam perjalanan dinasnya di Sumatera Barat, Kamis (8/2) kemarin Presiden Jokowi sempat membeli songket Silungkang. Ini dia toko rekomendasinya.

Bukan Presiden Jokowi namanya, kalau tidak mampir membeli kekayaan budaya setempat saat kunjungan dinas. Hal itu pun kembali dilakukannya bersama Ibu Negara Iriana saat melewati Sawahlunto kemarin.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jokowi dan Ibu Iriana mampir ke Arena Songket Silungkang yang berlokasi di Sawahlunto. Di sana, Ibu Iriana diketahui membeli tiga lembar kain songket Silungkang yang merupakan khas daerah tersebut.

Namun selain toko yang disambangi Presiden Jokowi, detikTravel juga pernah mampir ke salah satu toko penjual kain songket Silungkang di Sawahlunto yang bernama Songket Aina. Lokasinya juga berlokasi di Kampung Tenun, Kecamatan Silungkang, Sawahlunto.
Kain songket Silungkang (Randy/detikTravel)Kain songket Silungkang (Randy/detikTravel)
Berbincang dengan detikTravel, sang pemilik dari Aina Songket yang bernama Aina Almardhiah mengaku telah berjualan dari tahun 1985.

"Kita sudah dari tahun 1985, dulu jadi karyawan, sekarang jadi mitra," ujar Aina.

Selain menjual kain songket Silungkang, konon Songket Aina ini juga menjadi salah satu langganan para pejabat setempat. Harga songketnya pun bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan per potongnya.

"Per potong songket dari Rp 300 ribu sampai Rp 1,5 juta," ujar Aina.

 Ibu Aina selaku pemilik toko (Randy/detikTravel) Ibu Aina selaku pemilik toko (Randy/detikTravel)

Namun selain menjual kain songket Silungkang, Aina juga menjual berbagai pernak-pernik lain seperti peci, baju bahan, tas sampai pigura dengan harga yang juga beragam. Malah tamu bisa request jika ingin.

"Orang mesan apa saja kita bisa bikin," cerita Aina bangga.

[Gambas:Video 20detik]


Apabila traveler tengah bertandang ke Sawahlunto, traveler dapat menjumpai deretan toko penjual kain songket Silungkang di sisi kiri jalan termasuk Songket Aina. Toko ibu Aina pun buka dari pukul 07.00 hingga malam.

Lokasi persisnya ada di Kampung Tenun Batu Mananggau, Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto.
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA