Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Mar 2018 08:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan ke Pontianak, Jangan Lewatkan Kedai Kopi Ini

Mustiana Lestari
detikTravel
Secangkir Kopi Asiang khas Pontianak (Mustiana/detikTravel)
Pontianak - Jalan-jalan ke Pontianak, sempatkan berkunjung ke kedai kopi Asiang. Konon, di sinilah tempat minum kopi paling unik dan enak di Pontianak.

Pria botak, bertato, dan bertelanjang dada menjadi pemandangan yang menarik saat mengunjungi Kedai Kopi Asiang di Jalan Merapi, Pontianak, Kalimantan Barat. Lelaki tersebut adalah Asiang, sang pemilik sekaligus orang satu-satunya yang meracik kopi untuk ratusan pelanggannya.

Buka sejak dini hari, kedai kopi Asiang menawarkan pengalaman minum kopi yang berbeda. Traveler jangan mengharapkan minum di ruang ber-AC dengan kopi khas Italia. Namun di sini, kamu akan menikmati sensasi minum kopi tradisional ala rakyat jelata.

BACA JUGA: Susur Sungai Kapuas, Cara Terbaik Habiskan Malam di Pontianak

detikTravel, Sabtu (5/3/2018) berkunjung dan menikmati kopi yang disebut terenak di Pontianak. Tempat duduknya pun bukan sofa empuk tapi hanya papan kayu. Ketika membayar, traveler tidak akan menerima struk, semuanya manual. Nantinya anak Asiang yang menghitung semua pesanan traveler dengan selembar kertas.

Kopi yang tersedia hanya kopi susu dan kopi hitam dengan cangkir mungil klasik. Harganya pun ramah di kantong hanya Rp 9.000 saja, namun rasa kopi yang didapat pas dan nikmat.

Kedai Kopi Asiang ini bukanlah hal yang baru bagi warga di Pontianak, karena Asiang telah membuka tokonya bertahun-tahun.

Suasana Kedai Kopi Asiang (Mustiana/detikTravel)Suasana Kedai Kopi Asiang (Mustiana/detikTravel)


"Kopi Asiang itu terkenal racikannya. Saya pernah beli kopinya tapi racik di rumah terasa beda makanya saya tiap pagi ke sini. Kalau nggak ke sini nggak lengkap," jelas Arief Rachman yang merupakan warga asli Pontianak kepada detikTravel.

Jadi traveler jangan heran, lebih dari ratusan cangkir kopi disajikan tiap hari. Penggemar kopi ini pun beragam dari para millenial sampai bapak-bapak paruh baya.

"Kopi Asiang otentik karena enggak seperti kopi lain. Dia tidak menjual kopinya selain di warungnya," kata Yuyun, salah satu pengunjung kedai kopi.

BACA JUGA: Pontianak Itu Damai Lho, Yuk Liburan ke Sana

Selain minum kopi, traveler bisa menikmati telur setengah matang sebagai teman kopi. Selain sehat, telur ayam kampung yang disajikan dalam gelas kecil ini enak tanpa amis dan hanya dibanderol Rp 11 ribu saja.

Saking favoritnya, sudah tidak terhitung lagi pejabat dan orang terkenal yang mampir ke warung pria berusia 62 tahun ini. Mulai dari Asisten SDM Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto hingga Mendag Enggartiasto Lukita.

Setelah berkunjung ke Kopi Asiang, traveler bisa juga melihat Festival Barongsai dalam rangka Imlek dan Cap Go Meh. Acara yang digelar Bank Mandiri untuk ke-4 kalinya ini mengikutsertakan 23 tim Barongsai yang bersaing memperebutkan uang tunai Rp 17 juta. Sebelum festival tersebut, digelar juga Parade Naga Langit dan Naga Bersinar yang memiliki panjang 118 meter yang mampu menyedot perhatian puluhan ribu warga dan wisatawan.

(sym/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA