Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Sep 2018 22:03 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sumur Keraton Cirebon Ini Konon Bikin Jomblo Cepat Dapat Jodoh

Sudirman Wamad
detikTravel
Foto: Sumur Keraton Cirebon (Sudirman Wamad/detikTravel)
Cirebon - Salah satu sumur di Keraton Kanoman Cirebon dipercaya bisa mempermudah para jomblo menemukan pasangan hidupnya. Seperti ini penampakan sumur tersebut.

Namanya Sumur Panganten. Sumur ini lokasinya berada di Kebon Jimat Keraton Kanoman Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. Bentuk sumurnya tidak jauh berbeda dengan sumur biasanya. Namun di sumur tersebut terdapat hiasan berupa batu karang.

Penanggung Jawab Gudang Pusaka Keraton Kanoman Cirebon Elang Abas Hidayat mengatakan Sumur Penganten merupakan peninggalan sejak zaman Wali Songo. Hingga kini lanjut dia, Sumur Penganten masih digunakan untuk ritual panjang jimat.

"Dulunya itu untuk kaum perempuan. Supaya mudah mendapatkan jodoh mandinya di sini," kata Abas kepada detikTravel saat ditemui di lokasi Sumur Penganten, Selasa (4/9/2018).

Sumur Keraton Cirebon Ini Konon Bikin Jomblo Cepat Dapat Jodoh(Sudirman Wamad/detikTravel)


Abas mengatakan Sumur Penganten dijadikan sebagai media ikhtiar bagi masyarakat yang ingin mendapatkan jodoh. Saat momen Maulid dan Jumat Kliwon, lanjut dia, tak sedikit masyarakat yang mandi di Sumur Penganten.

BACA JUGA: Kereta Kuno Simbol Kebhinnekaan di Cirebon

"Banyak yang ke sini, mandi dan ambil air. Ini hanya media, memohon tetap pada Sang Kuasa. Ini bentuk ikhtiar saja. Tentu tergantung dengan keyakinan masing-masing," ucap Abas.

Abas menyebutkan Sumur Penganten memiliki kedalaman sekitar lima meter. Kendati tak terlalu dalam, lanjut Abas, dalam sejarahnya sumur tersebut hingga saat ini belum pernah mengering.

Sumur Keraton Cirebon Ini Konon Bikin Jomblo Cepat Dapat Jodoh(Sudirman Wamad/detikTravel)

Lebih lanjut, ia mengatakan tak sedikit masyarakat yang merasakan aroma wewangian saat mandi di sumur tersebut. "Banyak yang bilang ada aroma berbeda, seperti aroma pengantin, ya seperti wangi bunga-bungan gitu. Alhamdulillah, sampai sekarang airnya belum pernah surut walaupun kemarau," ucap Abas. (krn/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA