Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Nov 2018 12:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kamu Mau Coba Menerbangkan Pesawat, di Sini Tempatnya!

Shinta Angriyana
detikTravel
Simulator Flight Deck Indonesia (Shinta/detikTravel)
Simulator Flight Deck Indonesia (Shinta/detikTravel)
Jakarta - Traveler punya cita-cita jadi pilot? Nah, kalau belum cukup persiapan, mungkin bisa coba-coba dahulu pakai flight simulator.

Salah satu tempatnya adalah Flight Deck Indonesia, sebuah tempat simulasi penerbangan yang terletak di bilangan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. detikTravel berkunjung ke sana pekan lalu.

Sesuai namanya, traveler bisa merasakan pengalaman langsung mengoperasikan sebuah pesawat. Armada simulator yang dibuat Flight Deck Indonesia, memiliki tipe sama seperti Airbus A320.

Kamu Mau Coba Menerbangkan Pesawat, di Sini Tempatnya!Ruang briefing (Shinta/detikTravel)


Sebelum menerbangkan pesawat simulator, pengunjung terlebih dahulu diberikan perbekalan dasar mengenai pengoperasian pesawat oleh petugas. Beberapa istilah dan cara mengemudikan dasar dijelaskan sebelum akhirnya masuk ke dalam kokpit.

Traveler juga bisa merasakan pengalaman secara nyata. Bisa menggunakan pakaian, topi dan atribut sungguhan seperti pilot lho!

Kamu Mau Coba Menerbangkan Pesawat, di Sini Tempatnya!Seragam yang bisa digunakan (Shinta/detikTravel)

Nah, kalau sudah diberi pengetahuan dasar, traveler akan memilih rute. Misalnya, hanya ingin merasakan take off dan landing saja. Bahkan, bisa juga memilih rute mirip sungguhan seperti Jakarta-Bali, Jakarta-Surabaya, dengan durasi yang benar-benar digunakan dalam penerbangan aslinya.

Bukan cuma prosedur pengoperasian, tetapi traveler juga akan diajarkan bagaimana cara mengatasi masalah dalam penerbangan. Misalnya saat pesawat mati di tengah jalan, petugas pun akan memberikan arahan.
Kamu Mau Coba Menerbangkan Pesawat, di Sini Tempatnya!Armada simulator (Shinta/detikTravel)


Flight Simulator ini benar-benar 1 berbanding 1, mirip dengan ukuran kokpit aslinya. Bahkan, beberapa pilot yang ingin latihan sungguhan menggunakan simulator ini. Traveler serasa menjadi pilot sungguhan!

Nah, bagi traveler yang berminat untuk merasakan jadi pilot, bisa langsung datang ke Flight Deck Indonesia yang buka pukul 11.00 WIB siang sampai 20.00 WIB malam. Untuk harganya, dimulai dari Rp 1,7 juta untuk durasi 1 jam.

Bagaimana, mau coba jadi pilot? Simak video lengkap obrolan detikTravel dan kapten pilot Vincent Raditya pemilik Flight Deck Indonesia:


(wsw/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED