Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mar 2019 13:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sandiaga Uno dan Bung Hatta

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Instagram/sandiuno)
Foto: (Instagram/sandiuno)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Bukittinggi - Baru-baru ini, cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno berkunjung ke Bukittinggi, Sumbar. Tak ketinggalan, dia mendatangi Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta.

"Bung Hatta merupakan suri tauladan bangsa, pribadi yang mempunyai kedisiplinan tinggi, jujur, dan santun kebanggaan masyarakat Minang," tulis caption pada foto Sandiaga Uno di Instagram pribadinya seperti dilihat detikTravel, JUmat (8/3/2019).

Sandiaga juga menyebut, bahwa anak milenial harus tahu siapa Bung Hatta dan perjuangan hidupnya. Sifat Bung Hatta yang jujur dan hobinya yang rajin membaca, dinilai Sandi dapat menjadi contoh bagi siapa saja.

View this post on Instagram

Siang tadi saya berkesempatan melihat tiap sudut ruangan di Rumah Kelahiran Bapak Bangsa kita, Bung Hatta. Beliau merupakan inspirasi lintas generasi bagi seluruh rakyat Indonesia, mengajarkan betapa pentingnya pendidikan dari dalam rumah agar tercipta karakter yang disiplin, jujur dan sederhana. Bung Hatta juga merupakan inspirasi saya dan Pak @Prabowo dengan pemikiran ekonomi kerakyatannya, oleh karena itu kami yakin dengan memberdayakan UMKM akan membangkitkan perekonomian bangsa Indonesia. Saya sangat bersyukur dengan adanya Rumah Museum Bung Hatta ini, para generasi penerus khususnya kaum milenial dapat menggali pengetahuannya soal sejarah khususnya dalam mengenal lebih dekat pemimpin yang bersahaja ini, pemimpin yang selaras antara kata dan perbuatannya.

A post shared by Sandiaga Salahuddin Uno (@sandiuno) on Mar 6, 2019 at 3:14am PST



detikTravel pernah beberapa kali berkujung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta. Lokasinya di Jl Soekarno-Hatta no 37, Bukittinggi. Tidak terlalu jauh dari Jam Gadang, pusat wisata di Bukittinggi.

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ini memang rumah asli dari Bung Hatta. Bung Hatta lahir di sana, yang kemudian pada saat remaja pindah ke Jakarta untuk sekolah dan lanjut kuliah di Belanda.

Pemandu setempat bakal menjelaskan informasi mengenai kehidupan Bung Hatta. Soal hobi Bapak Proklamator yang gemar membaca ini, tahukah kamu kalau Bung Hatta punya koleksi 6.000 buku!



Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta terdiri dari 2 lantai. Di dalamnya terdapat ruang baca, dua kamar paman Bung Hatta, kamar kakek, dan kamar kelahiran Bung Hatta. Tak ketinggalan, dapur, bendi, dan sepeda yang biasa ia pakai ada di museum ini.

Bagian dalam Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta (Syanti Mustika/detikTravel)Bagian dalam Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta (Syanti Mustika/detikTravel)


Ruang Bujang di dekat terasnya, merupakan tempat Bung Hatta menghabiskan waktu untuk membaca buku. Beberapa foto beliau juga terpampang di dindingnya.

Foto-foto Bung Hatta (Afif Farhan/detikTravel)Foto-foto Bung Hatta (Afif Farhan/detikTravel)


BACA JUGA: Rahasia Jam Gadang Bukittinggi, Spot Sandiaga Uno Senam Pagi

Sedangkan di ruang tamu, terdapat vas bunga, meja makan, dan cangkirnya yang semuanya masih asli. Dulunya saat Hari Raya Idul Fitri, ruang tamu tersebut terbuka untuk umum dan siapa saja boleh bertamu. Kesederhanaan Bung Hatta sangat terkenal.

Beranjak ke lantai 2, silakan masuk ke kamar kelahiran Bung Hatta. Di sinilah pada tanggal 12 Agustus 1902, ia dilahirkan oleh Aminah. Ruangan ini menjadi saksi bisu kelahiran Sang Proklamator yang berjasa dalam kemerdekaan bangsa ini.

Di sinilah Bung Hatta dilahirkan (Syanti Mustika/detikTravel)Di sinilah Bung Hatta dilahirkan (Syanti Mustika/detikTravel)


Tiket masuk ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta dikenakan biaya sukarela. Museum yang begitu bersejarah, membuat kita lebih mengenal sosok Bung Hatta dan memetik kisah hidupnya untuk dijadikan inspirasi. Seperti Sandiaga Uno, yang tampaknya mendapat banyak inspirasi di sini. (aff/aff)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED