Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Apr 2019 22:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mampir ke 6 Taman Nasional Ini Bikin Kamu Lebih Peduli Alam

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Orangutan di Tanjung Puting (Debora Kusumadewi/dTraveler)
Orangutan di Tanjung Puting (Debora Kusumadewi/d'Traveler)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Memaknai Hari Bumi bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk berkunjung ke taman nasional. Ayo belajar peduli alam lewat 6 taman nasional ini.

Tak ada cara terbaik untuk belajar mengenal alam selain memposisikan diri di dalamnya. Di taman nasional, kamu pun bisa belajar banyak soal bagaimana alam menaungi dan menjadi habitat dari para flora dan fauna.

Bertepatan dengan Hari Bumi, Senin (22/4/2019), detikcom merangkum 6 taman nasional di Indonesia yang bisa jadi pilihan untuk kamu traveling. Terlebih, masing-masing punya keunikan tersendiri. Berikut di antaranya:

1. Taman Nasional Gunung Leuser

(Agus/detikcom)


Berlokasi di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, Taman Nasional Gunung Leuser atau TNGL memiliki total luas sekitar 1 juta hektar. TNGL juga dikenal sebagai tempat perlindungan 130 jenis mamalia seperti orangutan.

Selain mamalia, TNGL juga melindungi 89 spesies langka. Beberapa di antaranya adalah orangutan sumatera, badak sumatera, harimau sumatera dan lainnya. termasuk di dalamnya ratusan jenis burung.

Artis Hollywood sekelas Leonardo DiCaprio pun diketahui pernah berkunjung ke TNGL untuk melihat langsung fauna gajah yang habitatnya terancam perluasan kebun sawit.

2. Taman Nasional Way Kambas

(I Gede Leo/d'Traveler)


Berlokasi di Lampung, Taman Nasional Way Kambas memfokuskan diri sebagai suaka perlindungan fauna gajah. Taman nasional ini pun jadi salah satu garda terdepan bagi gajah sumatera yang kian langka.

Menariknya, traveler juga bisa menjumpai sekolah gajah pertama di Indonesia. Tak sampai situ, kamu juga bisa ikut memandikan dan main bareng gajah.

BACA JUGA: Hari Bumi, Mari Lebih Peduli Kepada Rumah Kita Ini

3. Taman Nasional Ujung Kulon

(Stephen Belcher/WWF Indonesia)


Berlokasi di ujung Barat Pulau Jawa, dapat dijumpai taman nasional tertua di Indonesia. Ya, tak lain adalah Taman Nasional Ujung Kulon atau disingkat TNUK.

TNUK menawarkan suaka bagi hewan-hewan endemik Pulau Jawa. Khususnya badak jawa yang terancam punah hingga owa jawa. Lokasinya pun cukup mudah diakses dari ibukota Jakarta.

4. Taman Nasional Tanjung Puting

(Agung Pambudhy/detikcom)


Tak ada tempat terbaik untuk mengenal orangutan selain di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Dari awal didirikannya, Taman Nasional Tanjung Puting memang mengkhususkan diri sebagai suaka perlindungan orangutan dan bekantan.

Menariknya, traveler akan diajak tinggal di atas kapal sambil menyusuri Sungai Sekonyer untuk melihat orangutan. Soalnya, pos pemantauan orangutan lebih mudah diakses naik kapal. Kalau beruntung, kamu malah bisa lihat orangutan di pinggir sungai.

5. Taman Nasional Komodo

(Fatma Atik Mulyani/d'Traveler)


Nama Taman Nasional Komodo atau TNUK di Labuan Bajo kian melejit dewasa ini. Keberadaan fauna endemik langka komodo memang menarik baik wisatawan lokal hingga luar negeri.

Traveler pun bisa melihat langsung komodo di Pulau Komodo hingga Pulau Rinca secara langsung dari dekat. Kamu pun tak usah khawatir, karena akan ditemani oleh ranger yang berpengalaman.

6. Taman Nasional Baluran


(Antara Foto)


Terakhir ada Taman Nasional Baluran yang berada di sisi ujung Timur Pulau Jawa. Dijuluki sebagai 'Little Africa' di Jawa Timur, traveler dapat menjumpai suasana ala Afrika di Baluran.

Sambil berjalan kaki atau naik motor, kamu akan disambut sabana hingga hewan-hewan liar di alam bebas. Sebut saja kawanan monyet, rusa dan lainnya, bisa kamu jumpai dengan mudah di sini. (rdy/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED