Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Apr 2019 12:35 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Bumi, Mari Lebih Peduli Kepada Rumah Kita Ini

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (iStock)
Foto: (iStock)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Peringatan Hari Bumi jadi trending di media sosial. Sejatinya, tak hanya ucapan semata tapi sungguh harus jadi kebiasaan sehari-hari untuk menjaga Bumi.

Setiap tanggal 22 April, diperingati sebagai Earth Day alias Hari Bumi sedunia. Di hari inilah, berbagai peringatan dan gerakan digelar untuk makin mencintai Bumi dan melawan berbagai masalah lingkungan. Sebut saja seperti pemanasan global, pencemaran sampah dan lain sebagainya.

National Oceanic and Atmospheric Administration, badan pemerhati lingkungan dari Amerika Serikat mencatat, selama 42 tahun Bumi tercatat mengalami suhu global di atas rata-rata. Bahasa lebih mudahnya, Bumi terasa makin panas yang padahal seharusnya tidak sepanas itu.

Penyebabnya, apalagi kalau bukan peningkatan jumlah bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas yang menjadi karbon dioksida dan gas lainnya. Lalu terjadilah, pemanasan global.

Pemanasan global dapat memusnahkan Bumi. Satu contoh saja, pemanasan global membuat es di bagian kutub lebih cepat mencair. USA Today menulis pemanasan global telah menyebabkan lebih dari 3 triliun ton es mencair dari Antartika dalam seperempat abad terakhir.

BACA JUGA: Betapa Gilanya Orang Islandia Menjaga Alamnya

Oh memang, terlalu kompleks rasanya permasalahan lingkungan Bumi ini. Tiap pemerintah negara pun harus turun tangan, karena kepedulian akan lingkungan merupakan masalah serius.

Lantas bagi kita, hanya seorang rakyat jelata lantas bisa apa?

Di Hari Bumi ini, berbagai akun Instagram memposting hal-hal yang bisa kita lakukan. Kita bisa ambil bagian, mulai dari yang kecil mulai hari ini.

Dilihat detikcom, Senin (22/4/2019) 2 juta postingan dengan hashtag earthday menggema. Akun Instagram @zerowastebali misalnya, me-repost 10 cara untuk menjaga lingkungan Bumi seperti di antaranya menanam pohon, mematikan lampu dan stop membeli botol plastik.



Akun @thefabstory yang peduli soal lingkungan juga memposting 'Habits For: The Environment!'. Salah satunya yang penting, bijaklah dalam penggunaan air.



Akun Instagram Greenpeace International pun memposting foto Bumi dari kejauhan dengan kata-kata simpel. Friendly reminder: This is the only home we have.



Sudahkah kamu ambil bagian untuk membuat Bumi lebih baik lagi?


Simak Juga 'Unik! Intip Pesan Google Doodle di Hari Bumi':

[Gambas:Video 20detik]

(aff/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED