Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Apr 2019 21:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bisa Tukar Sampah dengan 1 Kilo Ikan di Pasar Muara Baru

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Aksi tukar sampah dengan ikan di Pasar Ikan Muara Baru (dok. Perum Perindo)
Aksi tukar sampah dengan ikan di Pasar Ikan Muara Baru (dok. Perum Perindo)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
Jakarta - Ada cara unik peringati Hari Kartini di Pasar Ikan Modern Muara Baru. Traveler bisa menukarkan 1 kg sampah dengan 1 kg ikan di Pasar Tsukiji-nya Jakarta ini.

Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) punya cara unik untuk merayakan Hari Kartini, yaitu menggelar aksi tukar sampah dengan ikan. Rangkaian acara perayaan Hari Kartini digelar hari ini pukul 08.00-12.00, bertempat di Pasar Ikan Modern Muara Baru.

"Kami memaknai Hari Kartini dengan semangat untuk memperelok negeri melalui kegiatan bersih-bersih, membuat kawasan tempat kita bekerja menjadi asri nan berseri. Di samping itu, ciri khas Perum Perindo yaitu ikan. Maka dari itu, kami inisiasi aksi tukar sampah dengan ikan," kata Direktur Operasional Perum Perindo, Farida Mokodompit dalam keterangannya, Selasa (23/4/2019).

Ada dua syarat untuk mengikuti aksi tukar sampah dengan ikan yang diselenggarakan Perum Perindo ini. Pertama, sampah botol plastik yang ditukar adalah botol yang bersih dan tanpa merek tertentu. Kedua, sampah botol plastik yang dikumpulkan harus seberat 1 kilogram untuk ditukar dengan 1 kilogram ikan.

Bisa Tukar Sampah dengan 1 Kilo Ikan di Pasar Muara Baru(dok. Perum Perindo)


Ini merupakan aksi nyata yang dilakukan untuk menjaga lingkungan dari bahaya sampah plastik. Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan gemar ikan kepada masyarakat.

BACA JUGA: 7 Hotel Ramah Lingkungan untuk Memperingati Hari Bumi

Dalam acara tukar sampah dengan ikan ini, Perum Perindo melibatkan seluruh masyarakat di kawasan Muara Baru. Tak cuma buat ibu-ibu saja karena acara ini terbuka untuk umum.

Bisa Tukar Sampah dengan 1 Kilo Ikan di Pasar Muara Baru(dok. Perum Perindo)


Masyarakat pun terlihat sangat antusias untuk mengikuti aksi ini. Mulai dari ibu rumah tangga, petugas kebersihan hingga para pedagang, semua terlibat dan turut serta.

Farida menyebut, aksi ini juga bertujuan mengajak masyarakat peduli keberlangsungan lingkungan dan sadar akan bahaya sampah anorganik yang tidak bisa diurai selama bertahun-tahun.

Selain aksi tukar sampah dengan ikan, Hari Kartini juga dirayakan dengan lomba memasak ikan oleh bapak-bapak Perum Perindo. Seru!

Bisa Tukar Sampah dengan 1 Kilo Ikan di Pasar Muara Baru(dok. Perum Perindo)
(wsw/aff)

FOKUS BERITA

Bumi Rumah Kita
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED