Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Mei 2019 14:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

9 Tempat Wisata di Baturaden yang Nggak Bakal Terlupakan

Niken Widya Yunita
detikTravel
9 Tempat Wisata di Baturaden yang Nggak Bakal Terlupakan/Foto: (widiarini/dTraveler)
9 Tempat Wisata di Baturaden yang Nggak Bakal Terlupakan/Foto: (widiarini/d'Traveler)
Jakarta - Baturaden merupakan objek wisata di Banyumas, Jawa Tengah. Ada apa saja di sana?

Baturaden terletak di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Nah kecamatan ini berjarak sekitar 7,5 km dari Kota Purwokerto ke arah utara.

Tempat wisata ini memiliki banyak potensi wisata alam. Apa saja?



1. Pemandian Air Panas Belerang

Baturaden terkenal dengan pemandian air panas belerangnya. Pemandiana air panas belerang itu masuk dalam kawasan Lokawisata Baturaden.

Selain pemandian air panas belerang, di sana terdiri dari berbagai fasilitas hiburan yang dapat dinikmati anak-anak hingga dewasa. Fasilitas itu antara lain kolam renang dengan papan seluncur dan sepeda air.

Selain itu ada Teater Alam berupa sebuah pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Teater ini menayangkan film pendek yang berisi tentang alam yang ada di Indonesia.

2. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden terletak di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturraden, Kemutug Lor, Banyumas atau berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Purwokerto. Di sini terdapat berbagai macam tanaman seperti Liliana, Perdu, tanaman merambat, dan Anggrek. Pemandangan di sini sangat indah. Karena itu tempat ini cocok dijadikan tempat piknik keluarga.


3. Curug Telu

Curug yang airnya jernih ini berada di Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas. Curug Telu memiliki pemandangan yang indah. Udara di sini masih sejuk seperti pegunungan. Curug Telu memiliki 3 air terjun dalam satu tempat. Disebut-sebut, curug ini bersumber dari Curug Bidadari yang berlokasi tidak jauh dari sini. Kamu bisa berenang atau berfoto-foto di sini.


4. Curug Bidadari

Curug Bidadari menjadi salah satu keindahan tersembunyi di Barturaden. Kamu harus berhati-hati karena jalur trekking menuju Curug Bidadari tergolong cukup menantang.

Curug ini terletak di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden. Curug memiliki pintu masuk yang bentuknya menyerupai gua. Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Curug Bidadari jarang didatangi wisatawan. Padahal letaknya tidak jauh dari Curug Telu.


5. Desa Wisata Ketenger Baturaden

Di Desa Wisata Ketenger Baturaden kamu bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik seperti Ebeg atau kuda lumping, Siteran, Begalan, Rengkong, dan wayang kulit khas Banyumasan. Selain itu kamu bisa menyusuri situs peninggalan sejarah yang ada, seperti rel lori dan waduk Ketenger.

Di desa ini, kamu bisa menikmati makanan khas desa seperti mendoan, pecel, dan nopia. Sebagai kenang-kenangan, cinderamata berupa kerajinan logam dan seni lukis.


6. Telaga Sunyi

9 Tempat Wisata di Baturaden yang Nggak Bakal TerlupakanFoto: (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)


Telaga Sunyi berada di suatu kawasan yang sunyi tepatnya berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturaden. Telaga ini memiliki panorama alam yang indah, udara peghunungan yang sejuk, dan pohon-pohon besar yang rindang. Di sini kamu bisa berenang.

7. Taman Miniatur Dunia Small World

9 Tempat Wisata di Baturaden yang Nggak Bakal TerlupakanFoto: (Widi Arini/d'Traveler)


Objek wisata Taman Miniatur Dunia Small World terletak di Jalan Raya Baturaden Barat Nomor 270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Di sini dibangun miniatur bangunan-bangunan terkenal yang ada di dunia, seperti Menara Pisa dan Colosseum dari Italia, Patung Liberty dari Amerika, Menara Eiffel dari Prancis, Patung Merlion dari Singapura, Monas dari Indonesia, Bunga Tulip dan Kincir Angin dari Belanda, Piramida dari Mesir, dan Petronas Tower dari Malaysia.

Kamu juga bisa menikmati pemandangan yang lebih indah pada malam hari. Hal ini karena adanya kelap-kelip lampu di sekitar taman.


8. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu

Di Baturaden ada 2 tempat yang merupakan pemandian air panas, yaitu Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Keduanya sama-sama mengandung belerang, sehingga dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit. Namun letak Pancuran Pitu dan Pancuran Telu terpisah cukup jauh.

9. Baturaden Adventure Forest

Baturaden Adventure Forest bisa jadi pilihan destinasi wisata yang menantang. Di sini terdapat River Boarding atau meluncur bersama arus air sungai, Canyon Adventure yaitu menelusuri sungai untuk merambah lembah dan jurang, Rapperlling atau Abseilling yakni menuruni tebing dengan tali atau abseiling.

Ada juga Mini Circuit Bike, Forest Trekking, TreeTrek Adventure, Longslide, Cold-water Theraphy, dan Bungee Trampoline.

Jadi kapan kamu ke Baturaden? (nwy/fay)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED