Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jul 2019 12:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Pegunungan Bintang di Papua, yang Indah Kata Jokowi

Afif Farhan
detikTravel
Foto: (Instagram/jokowi)
Foto: (Instagram/jokowi)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
Jakarta - Baru-baru ini, Presiden Jokowi memposting foto lanskap suatu pegunungan yang indah di Papua. Pegunungan Bintang namanya, yang bakal jadi bagian Trans Papua.

Dilihat detikcom dari Instagram pribadinya, jokowi pada Selasa (30/7/2019) Presiden Jokowi memposting foto Pegunungan Bintang di Papua. Namun sepertinya, ada kesalahan penyebutan pada postingannya yang mana ditulis 'Pegunungan Bintan'.

BACA JUGA: Taman Merah Putih di Perbatasan Negeri yang Dikunjungi Jokowi

View this post on Instagram

Selamat pagi, Indonesia. Ini pemandangan satu ruas jalan perbatasan di Pegunungan Bintan, Papua. Meliuk-liuk di antara hutan dan lereng gunung, jalan selebar tujuh meter ini bagian dari 1.098 kilometer jalan perbatasan dari Merauke ke Jayapura, hingga Papua Nugini. Indah, bukan? Keberadaan jalan, kendati masih berupa jalan tanah, telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakat perbatasan di Papua. Jarak antarpusat ekonomi wilayah yang ditempuh berminggu-minggu dengan berjalan kaki, sekarang dalam hitungan hari setelah dapat dilintasi kendaraan. Bahkan nantinya, semakin singkat dalam hitungan jam. Ruas jalan tanah dalam foto ini menghubungkan distrik Limarum dengan Kota Oksibil. Di ruas lain, dari Sota - Erambu - Bupul sepanjang 111 kilometer sudah diaspal. Begitu juga ruas Bupul - Muting sampai Boven Digoel sepanjang 233 kilometer. Dari total jalan perbatasan dari Merauke - Jayapura sepanjang 1.098 kilometer, hingga akhir tahun 2018 sudah tersambung 919 kilometer. Tantangan pembangunan jalan di Papua tidak mudah karena kondisi alam, cuaca, dan material konstruksi yang terbatas.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Jul 28, 2019 at 6:31pm PDT



Ada di mana sih Pegunungan Bintang?

"Pegunungan Bintang itu pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya, lokasinya ada di kawasan Pegunungan Tengah atau di 'perutnya' Pulau Papua," kata Ketua Program Studi Teknik Geologi Universitas Cendrawasih, Marcelino Yonas St, M.Eng.

Marcel, begitu sapaan akrabnya menambahkan, sebelah utara dari Pegunungan Bintang berbatasan dengan Kabupaten Jayapura dan Boven Digoel di bagian selatan. Menariknya, Pegunungan Bintang di bagian timur memanjang sampai ke Papua Nugini.

"Memang, beberapa distrik di Pegunungan Bintang sulit diakses sehingga harus naik chopper atau pesawat. Keberadaan akses jalan akan menghubungkan distrik-distrik di sana," terang Marcel yang juga orang asli Papua ini.

BACA JUGA: Curhatan Ahli Geologi Papua Tentang Pegunungan Jayawijaya

Kehidupan di salah satu distrik di Pegunungan Bintang (Indonesia Mengajar)Kehidupan di salah satu distrik di Pegunungan Bintang (Indonesia Mengajar)


Sebagai ahli geologi, Marcel menjelaskan bahwa Pegunungan Bintang punya kontur yang berkelok-kelok dan medan yang menantang. Ketinggiannya bervariasi, dari 400 sampai 4.000 mdpl.

"Sangat menantang kalau membangun jalan di sana. Begini, kawasan Pegunungan Tengah itu merupakan jalur patahan (pergeseran lempeng kontinen Australia dan lempeng Oceanic Pacific di zaman dulu-red) dan Pegunungan Bintang adalah salah satu bagiannya. Sehingga, mau tidak mau jalurnya harus berkelok-kelok, tidak bisa diledakan dan bikin terowongan," paparnya.

Maksudnya?

"Karena jalur patahan, maka potensi tanahnya ambruk sangat tinggi. Sangat tinggi risikonya jika sampai harus meledakan bukitnya untuk bikin jalanan," terang Marcel.

"Pegunungan Bintang di bagian selatan relatif lebih datar dibandingkan di bagian tengahnya yang sudah berupa gunung dan perbukitan," lanjut Marcel.

Rangkaian Pegunungan Tengah di 'perut' Papua (Afif Farhan/detikcom)Rangkaian Pegunungan Tengah di 'perut' Papua (Afif Farhan/detikcom)


Ada satu hal menarik soal Pegunungan Bintang. Karena merupakan jalur patahan, maka Pegunungan Bintang kaya mineralisasi alias kaya akan potensi emas dan minyak bumi!

"'Perut' Pegunungan Tengah itu kaya sekali. Kami pernah cek sampling, memang ada potensi emas di sana," terang Marcel.

BACA JUGA: Mengenal Pegunungan Jayawijaya, Tempat Es Abadi Indonesia

Marcel berharap, pembangunan jalan di Pegunungan Bintang dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Selain nantinya, pemerintah juga harus memperhatikan faktor keamanan di sana.

"Kita di sini sangat senang dengan apa yang Pak Jokowi lakukan untuk Papua. Semoga nanti Trans Papua dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat kami dan tentu memang panoramanya sangat indah," tutupnya.



Simak Video "Jokowi Bakal Aspal Jalan Pegunungan Arfak-Manokwari"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)

FOKUS BERITA

Naik Gunung Agustusan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA