Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jul 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menguak Lukisan 'Alien' di Gua Papua

Afif Farhan
detikTravel
Lukisan di Gua Kontilola (Afif Farhan/detikTravel)
Lukisan di Gua Kontilola (Afif Farhan/detikTravel)
Wamena - Suatu gua di Papua menyimpan lukisan misterius yang diyakini peninggalan orang-orang zaman dulu. Bentuknya seperti bukan manusia, disebut mirip alien.

Namanya adalah Gua Kontilola yang berada di distrik Kurulu, Wamena. Lokasinya sekitar 1 jam naik mobil dari pusat Kota Wamena, sejatinya gua ini sudah menjadi destinasi wisata.

Gua Kontilola pun sama seperti pada umumnya. Banyak kelelawar dan memiliki stalaktit dan stalakmit yang menawan. detikcom pernah mendatangi gua ini di tahun 2012, yang kala itu Gua Kontilola belum banyak diketahui wisatawan.

Ada yang menarik di Gua Kontilola. Di dinding-dinding guanya, terdapat lukisan-lukisan yang diyakini masyarakat setempat, adalah lukisan para leluhur.

BACA JUGA: 2 Lukisan Gua Paling Misterius di Papua

Tanda masuk ke Gua Kontilola (Afif Farhan/detikcom)Tanda masuk ke Gua Kontilola (Afif Farhan/detikcom)


Lukisan-lukisannya pun bikin dahi mengerenyit. Lukisannya menggambarkan sosok manusia tapi bentuknya aneh!

Jari tangannya ada empat, kepalanya bulat seperti helm dan punya kuping yang juga bulat tapi ukurannya lebih kecil serta tidak seperti kuping manusia. Tak hanya satu, tapi setidaknya ada empat lukisan seperti itu.

Dari dua lukisan guanya, tampak menggambarkan seperti pria dan wanita. Sebab, salah satunya memiliki lingkaran pada bagian dada, yang mungkin menggambarkan payudara.

Lukisan 'alien'? (Afif Farhan/detikcom)Lukisan 'alien'? (Afif Farhan/detikcom)


Tapi anehnya lagi, lukisan gua tersebut ada di atas ketinggian, dekat langit-langit gua yang mungkin tingginya belasan meter. Pertanyaannya, bagaimana bisa orang zaman dulu menulis di tempat setinggi itu. Apakah tanah di dalam gua dulunya memang tinggi, lalu ambles?

Peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menjelaskan kepada detikcom mengenai lukisan tersebut. Pria yang dari tahun 2008 menetap di Papua itu, baru-baru ini datang ke Gua Kontilola.

"Itu lukisan yang menggambarkan manusia, bukan alien," katanya.

Lukisan yang diyakini peninggalan manusia prasejarah (Afif Farhan/detikcom)Lukisan yang diyakini peninggalan manusia prasejarah (Afif Farhan/detikcom)


Menurut Hari, lukisan tersebut dibuat oleh manusia prasejarah. Oleh sebab itu, teknik menggambarnya masih sederhana.

"Belum diketahui umurnya, yang pasti itu dibuat ribuan tahun yang lalu. Itu menggambarkan nenek moyang masyarakat setempat yang pernah menghuni gua tersebut," terang Hari.

Bagian dalam Gua Kontilola (Afif Farhan/detikcom)Bagian dalam Gua Kontilola (Afif Farhan/detikcom)


Gua Kontilola sendiri ukurannya sangat luas dan permukaan guanya datar. Sehingga, cocok untuk dihuni manusia prasejarah.

Lantas, mengapa posisi lukisannya ada di dinding gua yang tinggi?

"Berkaitan dengan penghormatan nenek moyang, jadi ditempatkan (lukisannya) pada bagian dinding gua yang tinggi. Pada masa prasejarah, tempat tinggi dianggap suci dan sebenarnya konsep seperti itu umum dilakukan di tempat-tempat lain hingga kini," jawab Hari.

Hingga kini, lukisan di Gua Kontilola masih terawat dengan baik. Bagi traveler yang ke Wamena, cobalah datang ke gua ini dan lihat lukisannya lebih dekat!



Simak Video "Gelombang Eksodus dari Wamena Tiba di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA