Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pesona Masjid Ramlie Musofa yang Mirip Taj Mahal

Bonauli
detikTravel
Masjid Ramlie Musofa (Pradita Utama)
Masjid Ramlie Musofa (Pradita Utama)
Jakarta - Traveler yang mau lihat Taj Mahal tak perlu jauh-jauh ke India. Di Jakarta Utara ada Masjid Ramlie Musofa yang cantiknya mirip Taj Mahal.

Jakarta menyimpan banyak potensi wisata yang masih tersembunyi, sebut saja Masjid Ramlie Musofa. detikcom pernah berkunjung ke masjid ini beberapa waktu lalu.

Masjid Ramlie Musofa berada di Jalan Danau Sunter Selatan 1 blok 1 10 nomor 12 C 14 A, Jakarta Utara. Berada di Seberang Danau Sunter, masjid ini tampil mempesona dengan warna putih layaknya Taj Mahal.

Supaya lebih kenal, mari mulai dengan pemberian nama dari masjid ini. Nama masjid yang tak biasa diambil dari inisial keluarga pemilik.

Pesona Masjid Ramlie Musofa yang Mirip Taj MahalFoto: Johanes Randy


Ramli Rasidin : Ram
Lie Njok Kim : Lie (istri)
Muhammad : Mu (anak pertama)
Sofia : So (anak kedua)
Fabian : Fa (anak ketiga)

Rumah ibadah ini dibangun pada tahun 2011-2016 dengan luas 2.000 meter persegi. Gaya arsiteknya berasal dari empat unsur budaya, yakni Indonesia, Tionghoa, India dan Arab.

Tiap budaya memiliki makna budaya yang berbeda, seperti budaya Arab mewakili agama Islam, budaya Tionghoa berasal dari latar belakang sang pemilik, dan budaya India dari kisah monumen Taj Mahal.

Ya, masjid ini terinspirasi dari monumen Taj Mahal. Pemilik Masjid Ramlie Musofa ini untuk berharap masjid ini sebagai pembuktian cinta terhadap Allah, Islam dan keluarga.

Pesona Masjid Ramlie Musofa yang Mirip Taj MahalFoto: Pradita Utama


Kesan mewah dari masjid ini juga tercipta dari bahan bangunan yang tak biasa. Mimbar masjid yang terbuat dari marmer didatangkan langsung dari Turki dan Italia. Ada juga ornamen ukiran khusus dari Pulau Jawa.

Di bagian depan masjid terdapat ukiran surat Al-Fatihah yang menggunakan tiga bahasa sekaligus, yaitu bahasa Arab, Indonesia, dan Mandarin. Di beberapa sudut dinding masjid juga terdapat ukiran kaligrafi yang menerangkan hari kiamat dan hari pembalasan, serta doa-doa.

Pesona Masjid Ramlie Musofa yang Mirip Taj MahalFoto: Pradita Utama


Tujuannya adalah untuk mempermudah para mualaf atau wisatawan asing yang berasal dari Tionghoa saat berkunjung ke sini, serta agar seluruh umat muslim senantiasa ingat kepada Allah SWT.

Ramli Rasidin yang menjadi mualaf menjadi latar belakang pembuatan masjid. Saat ia berusia 19 tahun, Ramli memutuskan untuk berpindah ke agama Islam. Bukti kecintannya kepada Allah dan keluarganya akhirnya ia tunjukkan dengan masjid ini.

Pesona Masjid Ramlie Musofa yang Mirip Taj MahalFoto: Rifkianto Nugroho


Fasilitas dalam masjid ini juga ramah untuk penyandang disabilitas. Ada tempat duduk khusus untuk mengambil wudu bagi para disabilitas dan lansia. Masjid dengan 3 lantai ini juga menyedian 2 lift.

Cantik bagaikan Taj Mahal, Ramlie Musofa bikin kamu seperti di luar negeri ya.



Simak Video "Kuy, Kita Main ke Kampung Keroncong!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/krs)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA